Bupati Dolly : Jadikan Momen World Cleanup Day Tapsel Bebas Sampah

  • Bagikan

membaranews.com (Tapanuli Selatan)

 

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu mengajak masyarakat menjadikan peringatan World Cleanup Day 2021 sebagai momen untuk menjadikan daerah Tapsel bersih dari sampah.

“Sejatinya World Cleanup Day untuk mengubah perilaku manusia tidak sembarang tempat membuang sampah,” kata Dolly saat melepas puluhan komunitas aksi pilah sampah dari rumah di pusatkan di Kantor Camat Angkola Timur, Rabu (22/9/2021).

Bupati Dolly menegaskan, kebersihan lingkungan penting dalam mewujudkan kesehatan baik manusia, hewan dan lingkungan. Hal ini sejalan visi-misi untuk mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat.

“Saya meminta seluruh masyarakat dapat membebaskan lingkungannya dari sampah, termasuk desa-desa yang sudah dicanangkan sebagai desa wisata harus dapat bebas dari sampah,” ucap Dolly.

Dolly menyampaikan terima kasih kepada seluruh komunitas yang terlibat dalam gerakan aksi pilah sampah diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Tapsel dan sejumlah NGO. “Aksi ini dapat menjadi contoh bagi yang lain,” sebut Dolly.

Kadis Lingkungan Hidup Tapsel Syahrir Siregar mengatakan, peringatan aksi bersih sedunia ini diikuti 180 negara/34 provinsi/13 juta relawan. Tapsel melibatkan 46 komunitas dengan jumlah personel sekitar 80 orang.

“Sebanyak 80 personel dari berbagai komunitas dalam aksi bersih-bersih ini dibagi dalam tiga kelompok dengan menyusuri ruas jalan nasional arah Paluta-batas Kota Padangsidimpuan dan batas Angkola Timur-Sipirok dengan panjang jalan lebih kurang 20 kilometer,” ungkap Syahrir.

Sampah yang terkumpul dibawa dan ditimbang kemudian diserahkan kepada Tapanuli Sarop Foundation selaku pihak Bank Sampah sekaligus memilah mana sampah organik dan anorganik.

Pada kesempatan itu Bupati Dolly bersama Kadis Lingkungan Hidup, Forkopimcam dan berbagai komunitas membubuhkan tandatangan sebagai komitmen bersama menolak dan tidak membuang sampah dari kendaraan di pinggir jalan. (Borneo)

 

Foto :

Bupati Dolly Pasaribu bubuhkan tandatangan bentuk komitmen bersama tidak membuang sampah dari kendaraan di pinggir jalan. (ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *