Bobby Nasution Minta Pemprov Sumut Bantu Sediakan Cold Storage

  • Bagikan
Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri Rakor TPID dipimpin Gubernur Edy Rahmayadi.(Foto : Kominfomdn)

 

membaranews.com.(Medan)

 

Dalam menekan dan mengendalikan angka inflasi di Kota Medan, Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap Pemprov Sumut dapat menjadi jembatan guna mendukung terwujudnya Kerjasama Antara Daerah (KAD) antara Pemko Medan dengan daerah penghasil komoditi sebagai penyumbang cukup besar inflasi seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah.

“Sudah beberapa kali kami mencoba melakukan KAD dengan daerah penghasil komoditi sebagai upaya untuk mengendalikan angka inflasi namun belum berhasil karena masih ada kendala teknis.

“Kami berharap Pemprov Sumut membantu menyelesaikannya sehingga KAD dapat dilakukan,” kata Bobby Nasution ketika menghadiri Rakor Provinsi/High Lavel Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut, Senin (19/12/2022).

KAD merupakan salah satu program Pemko Medan guna mengendalikan inflasi. Sebab, 20 % pembentukan angka inflasi di Sumut berdasarkan pemaparan disampaikan berasal dari Kota Medan.

Kami berharap Pemprov Sumut membantu Pemko Medan untuk terwujudnya KAD tersebut,ungkapnya.

Pemko Medan berupaya untuk memangkas cost dikeluarkan dalam menjaga ketersediaan bahan pokok di Kota Medan dengan memberikan subsidi kepada distributor dan melalui PUD Pasar Kota Medan untuk membeli komoditi dibutuhkan ke daerah penghasil.

Untuk memenuhi ketersediaan bahan pokok itu, kami minta PUD Pasar membeli langsung ke daerah penghasil dengan mensubsidi transportasinya.Upaya ini bisa menekan harga dan mengurangi rantai distribusinya,ujar Bobby.

Setiap kali terjadi panen raya, Pemko Medan dapat mengambil peluang untuk menjaga ketersediaan bahan pokok.

Pemko Medan belum dapat melakukan intervensi harga. Kendalanya, Medan sebagai kota pengkonsumsi terbesar di Sumut belum memiliki cold storage ( gudang penyimpanan) yang dirancang untuk bisa beroperasi pada suhu tertentu untuk menjaga produk tetap segar.

“Pemko Medan belum memiliki cold storage.Kami mohon bantuan Pak Gubernur membantu cold storage.

Ini sangat membantu menekan dan mengendalikan harga pangan di Kota Medan,” ujarnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyatakan dukungannya. Edy akan mempelajari penyediaan cold storage sebagai upaya mendukung pengendalian inflasi.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *