Dinkes Batu Bara : Balita Pendertia Sakit Mata Sudah Dirujuk di RS Adam Malik

  • Bagikan
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara dr Deni Syahputra.(foto/Zulfauzan).

membaranews.com | Batu Bara

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara dr Deni Syahputra mengungkapkan telah mengambil langkah cepat kepada, Alifah Nur Azizah balita berumur 1 tahun 8 bulan Warga Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram penderita penyakit pembengkakan pada bagian mata sebelah kanan.

“Sudah kita lakukan langkah-langkah yang cepat kepada balita tersebut, sekarang dia sudah di rujuk ke Rumah Sakit Umum Adam Malik, Medan,” kata dr Deni Syahputa di ruangan kerjanya, Lima Puluh, Rabu (24/5/2023).

Deni menjelaskan, dari informasi yang kita dapatkan, pihak Pemerintahan Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan langsung menurunkan petugas kesehatan dan berkoordinasi dengan Pemerintahan Desa Bandar Rahmad untuk mengambil tindakan.

Langkah yang dimaksud, kata Deni, seperti langsung melakukan pengecekan kondisi fisik, kelengkapan administrasi untuk di bawa ke Rumah Sakit hingga fasilitas mobilisasi.

Balita putri dari Titi Suwarni itu semula dibawa ke Rumah Sakit Bidadari Batu Bara namun disarankan untuk dirujuk ke rumah sakit Adam Malik Medan.

“Pertama kita sarankan ke rumah sakit terdekat namun terkendala dengan dokter mata atau fasilitas yang belum memadai maka kita ambil langkah untuk merujuk ke Rumah Sakit Adam Malik,” ujarnya.

“Sekarang kita sudah fasilitas untuk pelayanan balita itu, mulai dari BPJS hingga mobilisasi. Hal itu sebagai bentuk jaminan pelayanan kesehatan pemerintah Kabupaten Batu Bara terhadap masyarakat yang tidak mampu,” ujarnya.

Deni mengungkapkan, belum mengetahui penyakit apa yang bersarang di mata balita itu.

“Kita belum mengetahui perkembangannya, insyaallah nanti kita mengunjungi balita tersebut,” tandasnya.

Selain itu, kata Deni, melalui dana APBD Batu Bara kita akan memberikan bantuan tali asih kepada keluarganya.

“Kita akan berikan tali asih kepada keluarga. Jangan pandang nilainya tetapi ini bertujuan untuk meringankan biaya keluarga saat merawat putrinya saat di rumah sakit,” terangnya.

Sebelumnya, Alifah Nur Azizah balita berumur 1 tahun 8 bulan warga Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara mengalami pembengkakan pada bagian mata membutuhkan perhatian.

Penyakit anak ketiga dari pasangan suami istri Sarman dan Titi Suwarni itu terjadi sejak 2 bulan yang lalu dengan kondisi yang kian hari semakin memburuk.

Titi Suwarni orang tuanya, berharap adanya bantuan dari para dermawan. ” Tidak tau lagi, harapannya bisa di operasi, mohon bantuan, minta tolong, kakak kek ginilah keadaan,” tangisnya.(Zul).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *