Besarnya Angka SILPA Jadi Sorotan di LKPJ Bupati Batu Bara Tahun Anggaran 2021

  • Bagikan
H. Sakti Alam Siregar, SH mewakili pemkab Batu Bara dalam sidang paripurna pandangan umum Fraksi terkait LKPJ Bupati Batu Bara (Foto; docsetwandprdbb)

membaranews.com (Batu Bara)

Setelah penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban  (LKPJ) Bupati Batu Bara ke DPRD pada sidang paripurna senin lalu (11/04/2022). DPRD kemudian menggelar kembali sidang paripurna terkait pandangan umum fraksi-fraksi terhadap LKPJ Bupati, pada selasa (12/04/2022).

Sidang paripurna itu dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Batu Bara Ismar Khomri, SS dan dihadiri Bupati Batu Bara, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah H. Sakti Alam Siregar, SH berserta OPD dan Forkopimda.

Setelah menelaah dan mengkaji lebih lanjut terhadap LKPJ Bupati, sepuluh (10) fraksi di DPRD menyoroti besarnya angka SILPA di Tahun 2021, yakni sebesar Rp. 122.842.107.415,92 (seratus dua puluh dua miliyar delapan ratus empat puluh dua Juta seratus tujuh ribu empat ratus lima belas koma sembilan puluh dua Rupiah)

Fraksi-fraksi di DPRD mempertanyakan apa sebabnya Pemerintah Kabupaten Batu Bara tidak optimal dalam merealisasikan anggaran di Tahun 2021. Dengan nilai SILPA yang cukup besar tersebut menjadi bahan evaluasi kepada pemkab Batu Bara kedepanya.

Kemudian Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) kembali mempertanyakan dan meminta kejelasan kepada Pemkab Batu Bara terkait Angka SILPA yang besar, karena angka SILPA yang besar sangat tidak baik.

Selanjutnya Fraksi PBB juga meminta kepada Pemkab Batu Bara untuk memberikan data kegiatan apa yang tertunda, jenis belanja apa yang tidak terealisasikan, dan OPD mana yang dana SILPA nya paling besar, serta ini akan dibahas lebih lanjut di tingkat pansus.

Untuk lebih lanjut semua Fraksi sepakat terkait LKPJ Bupati untuk dibahas lebih lanjut dan lebih intensif lagi ditingkat pansus. Hal tersebut dilakukan agar dapat memunculkan rekomendasi sebagai landasan dan tolak ukur dalam membangun Kabupaten Batu Bara agar lebih baik lagi.

Disamping itu, semua Fraksi di DPRD mengapresiasi kinerja Bupati Zahir dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batu Bara yang melampaui target di tahun 2021.

Di tahun 2021 sendiri Pemkab Batu Bara menargetkan PAD sebesar Rp.158.990.621.950, dan pencapaian dapat direalisasikan sebesar Rp.174.528.720.180,83, naik sebesar Rp.15.538.098.228,83. Dalam hal ini PAD Tahun 2021 mencapai 109,77%.

Kemudian Setda Batu Bara H. Sakti Alam Siregar mengucapkan terimakasih kepada Fraksi-fraksi di DPRD Batu Bara yang telah memberikan masukan dan apresiasi kepada kinerja Pemkab Batu Bara di Tahun 2021.

” Terimakasih atas atensi dari rekan-rekan fraksi DPRD, kedepannya Pemerintah Kabupaten Batu Bara Akan Selalu  Berkomitmen Dalam Melaksanakan tugas–tugas Pemerintahan Dan Upaya Pembangunan Secara Maksimal”, pungkasnya. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *