Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus : Manfaatkan Dana BOS Mendukung Proses Belajar Daring dan Pencegahan Pandemi Covid-19.

  • Bagikan

membaranews.com-(Batubara)

Meskipun Situasi Pendemi Covid-19, Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus terus memonitoring keberadaan sekolah-sekolah di Kabupaten Batu Bara.

Sabtu (16/05/2020) kemarin, Ilyas mengunjungi UPTD SMP Negeri 3 Nibung Hangus setelah mengunjungi SDN 03 Desa Mekar Laras.

Ilyas berserta rombongan disambut Kepala UPTD SMPN 3 Nibung Hangus Edy Syahputra dan langsung melakukan protokol kesehatan Covid-19 dengan mencuci tangan dengan air mengalir yang disediakan sekolah.

Kepala Sekolah Edy Syahputra memberi arahannya kepada beberapa guru. Sedangkan Kadisdik Ilyas Sitorus mengamati sekolah dan ruangan kelas.

Selanjutnya Kadisdik melakukan pertemuan dengan guru-guru di Aula SMPN 3 yang dipandu kepala sekolah yang menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kadisdik yang memantau kami di ujung timur Batu Bara ini. Kami bangga dan senang sekali Pak Kadis sudah tiga kali singgah ke sekolah kami, sebut Edy.

Edy menyampaikan sekilas tentang sekolah yang dipimpinnya bersama tiga orang tenaga pendidik ASN di bantu 23 orang tenaga pendidik non ASN serta tenaga kependidikan 4 orang.

Kadisdik Ilyas Sitorus mengharapkan kerjasama kepala sekolah, guru-guru dan tenaga kependidikan sebagaimana yang telah terjalin selama ini.

Ilyas mencontohkan salah satu kebersamaan di sekolah adalah dari sisi kebersihannya. Saya tadi keliling dari ruangan keruangan dan tidak menemukan selembar kertas yang terjatuh atau daunan dari pohon sekitar bangunan sekolah termasuk pasir di lantai.

“Saya katakan ke Pak Sekretaris Disdik dan rombongan lainnya. Ini sekolah terasa di rumah sehingga kami bersama melepas alas kaki seketika akan menginjakkan kaki awal memasuki teras dan kelas, papar Ilyas saat mengawali sambutannya.

Ilyas mengatakan, saat ini kita menunggu kebijakan Kemendikbud terkait apakah awal tahun ajaran baru Juli 2020.

Peserta didik dan tenaga kependidikan kita apakah sudah dapat melakukan kegiatan proses belajar mengajar seperti biasa. Yaitu dengan tatap muka atau tetap belajar daring yang sudah 8 minggu kita lakukan bersama.

Kemendikbud masih mengkaji model pembelajaran yang akan diterapkan apakah melalui daring atau tatap muka kembali. Oleh karenanya, kita harus lebih memantapkan persiapan kita sejak saat ini dengan pengalaman yang sudah kita lalui lebih dari 8 minggu sejak pertengahan Maret 2020.

Ilyas yakin dengan semangat kebersamaan dan dukungan dari kepala sekolah, bapak ibu bisa melakukan inovasi dan lebih kreatif lagi apalagi rata-rata usia semua masih enerjik, masih kepala dua, ujar Ilyas.

Kepala sekolah harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada guru untuk memastikan kegiatan belajar mengajar telah dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring).

Kepala sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat disupervisi dan diberi solusi.

Ilyas juga menyampaikan sebagaimana harapan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP bahwa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat selalu melakukan inovasi pendidikan sebagai upaya menghadapi pandemi covid-19, agar proses pendidikan tetap berjalan dengan baik dengan cara peserta didik kita dapat efektif belajar dirumah, dan disisi lain antisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Batu Bara agar dapat berjalan efektif dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk dari keluarga besar Disdik Batu Bara.

Sampai saat ini belum dapat dipastikan setelah berakhirnya masa himbauan pemerintah termasuk himbauan Bupati Batu Bara nantinya tanggal 29 Mei 2020 apakah akan diperpanjang atau tidak. Namun yang pasti pemda, sekolah, dan pendidik harus siap dengan segala kemungkinan, dan selalu berinovasi mencari solusi disetiap permasalahan pendidikan.

Mari kita diskusikan bagaimana solusi yang terbaik jika suasana belajar tanpa tatap muka masih berlanjut setelah liburan Juli nanti, sebut Ilyas.

Kemudian, mari kita berdo’a bersama semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir dan mengambil hikmah dan pelajarannya.

Hadir mendampingi Kadisdik Batu Bara, Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor, Kabid Dikdas Irwansyah, Kasi PTK Dikdas Rahmad Zein, Kasi Pembinaan Peserta Didik Hasbullah.(bento)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *