Bahayakah Berolahraga Dengan Masker

  • Bagikan

membaranews.com-(Jakarta)

Memasuki Kebijakan New Normal mengharuskan kita untuk selalu menggunakan masker dalam beraktivitas sehari-hari diluar rumah.

Walaupun kita beraktivitas kembali seperti biasa dengan tetap menggunakan masker akan menekan penyebaran Covid-19. Disamping itu perlu diperhatikan jenis masker yang digunakan, terutama saat kita berolahraga.

Dikutip dari Antaranews.com Dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, SpKO menjelaskan bahwa berolahraga menggunakan masker masih aman dilakukan namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berolahraga dengan masker yang harus kita perhatikan adalah intensitas olahraga yang dilakukan dan jenis masker yang digunakan.

“Bila tujuannya untuk sehat tentunya yang bersangkutan hanya boleh melakukan olahraganya berintensitas ringan sampai sedang saja, sehingga tidak akan terganggu dengan penggunaan masker sesuai dengan peraturan PSBB,” kata Michael.

Adapun jenis masker yang disarankan dr. Michael yaitu masker bedah atau masker kain yang banyak di pasaran, untuk digunakan saat hendak berolahraga di luar rumah.

“Berolahraga yang sehat cukup dengan intensitas ringan sampai dengan sedang, sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernafasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan terlebih lagi sehingga menyebabkan kematian,” terang Michael.

Dokter spesialis kedokteran olahraga ini tidak menyarankan penggunaan masker N95, karena jenis masker ini akan sangat mempengaruhi fungsi pernafasan penggunanya, mengingat jenis masker ini hanya diperuntukkan bagi petugas medis seperti di ruang-ruang isolasi dan ICU yang khusus merawat pasien Covid-19. (ANT)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *