Tambang Emas Martabe Berbagi Pengetahuan Teknologi Terkini Industri Pertambangan Kepada Mahasiswa

  • Bagikan

membaranews.com (Tapanuli Selatan)

 

PT Agincourt Resources (AR), pengelola Tambang Emas Martabe di Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara kembali menyelenggarakan E-Coaching Jam (ECJ) 2021 bekerja sama dengan Departemen Teknik Geologi-Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam rangkaian International Conference on Geological Engineering and Geosciences (ICGoES) bertema Big City Challenges on Geohazard and Georesources, Sabtu (20/3/2021).

 

ECJ kali ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan Live Youtube diikuti sekitar 250 mahasiswa dari UGM dan beberapa Universitas lain di Indonesia.

 

Senior Manager Corporate Communications PTAR Katarina Siburian Hardono mengatakan, meski masih di masa pandemi Covid-19, PTAR tetap berkomitmen menggelar program ECJ di tahun 2021.

 

“Kali ini kami menghadirkan Direktur Engineering PTAR Ruli Tanio yang memaparkan topik Latest Technological Advancement.

 

Ruli mengupas teknologi terkini yang telah diaplikasikan di perusahaan tambang, seperti di Tambang Emas Martabe,” ujar Katarina.

Saat pemaparan, Ruli Tanio didampingi moderator perwakilan dari UGM yakni Dosen dan Peneliti Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM Dr Eng Ir Lucas Donny Setijadji ST MSc IPU.

Katarina mengatakan, sebuah kehormatan bagi PTAR bisa berkolaborasi kembali dengan UGM dalam konferensi yang merupakan forum bagi para peneliti internasional, akademisi, praktisi, pembuat kebijakan dan komunitas terkait untuk berdiskusi, berbagi dan bertukar penelitian terbaru mereka, kasus terkini, review dan kemajuan terkait bidang teknik Geologi dan Geosains.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Agung Setianto sebagai Kepala Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM dan tim atas kepercayaan pada PTAR untuk menggelar E-Coaching Jam. Ini merupakan kali kedua kami berkolaborasi dengan UGM,” ujar Katarina.

ECJ merupakan salah satu program tahunan PTAR sebagai bentuk dukungan nyata perusahaan dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Indonesia. ECJ menjadi ajang komunikasi baik online maupun tatap muka antara para mahasiswa dengan banyak praktisi/ahli pertambangan dari Tambang Emas Martabe.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2014, ECJ telah berhasil menjembatani diskusi lebih dari 40 ahli pertambangan dengan 3.000 orang mahasiswa di seluruh Indonesia. Program ini juga telah berhasil mendapatkan penghargaan CSR Indonesia Awards 2019.

Katarina berharap, melalui ECJ para mahasiswa dari berbagai jurusan terkait pertambangan bisa mendapatkan ilmu serta pemahaman baru mengenai industri pertambangan, sehingga nantinya lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

“Tentu dengan digelarnya program ECJ , kami berharap.ilmu dan pengalaman yang diberikan pembicara bisa menjadi bekal para mahasiswa dalam memasuki dunia kerja nanti, khusus dunia kerja di industri pertambangan,” tandasnya.

Katarina menegaskan, PTAR tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan dan menggelar ECJ agar menjadi sarana untuk memfasilitasi peningkatan mutu akademis para mahasiswa sehingga lebih siap dalam memasuki dunia kerja di industri pertambangan.

Pihaknya mengundang para mahasiswa yang ingin berdiskusi lebih lanjut untuk bergabung dalam komunitas ECJ Tambang Emas Martabe dan langsung mengirimkan surat elektronik ke Martabe.eCoachingJam@agincourtresources.com.

Kepala Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM Agung Setianto menyampaikan terima kasih kepada PTAR yang sering membantu dan memberikan dukungan kepada UGM khususnya dalam acara Geoweek tahunan ini.

 

“Tentunya harapan kami kerja sama ini akan terus berlangsung kedepan dan semakin lebih baik lagi. Dan kami juga sangat berterima kasih kepada Bapak Ruli Tanio yang bersedia memberikan ilmu tambahan kepada mahasiswa dan juga kepada kami semua,” ucap Agung. (Borneo)

 

Foto :

Direktur Engineering PTAR Ruli Tanio menyampaikan paparannya. (Ist)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *