Silaturrahmi BKM Tanjungbalai Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Masjid

  • Bagikan

membaranews.com.(Tanjungbalai).

 

Fungsi Masjid kembali seperti di zaman Nabi Muhammad SAW harus menjadi pusat peradaban dan pemberdayaan umat.Untuk menuju peradaban maka harus dibangun masyarakatnya dan Masjid menjadi kunci membangun peradaban itu.

“Mari bersama-sama kita berdayakan ekonomi umat berbasis Masjid di Kota Tanjungbalai.Pemerintah daerah dengan masyarakat harus sejalan dengan bekerjasama untuk pemberdayaan ekonomi umat berbasis Masjid,”

Plt.Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib pada acara silaturrahmi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) se Kota Tanjungbalai dengan te ma “Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Masjid” digelar Dewan Masjid Indonesia ( DMI) Kota Tanjungbalai ,di Aula Kantor MUI Jalan Gaharu Tanjungbalai ,Rabu (10/11/2021).

Menurut Waris , potensi pemberdayaan umat di Masjid saat ini belum termanfaatkan dengan optimal.Padahal Masjid merupakan tempat strategis untuk pembangunan dan pemberdayaan umat salah satunya sektor ekonomi. Kondisi ini terjadi karena masih ada pemahaman yang me nilai bahwa Masjid tidak tepat untuk dijadikan pusat aktivitas ekonomi.

Potensi ini belum ter manfaatkan secara baik.Oleh karena itu penting untuk mengembalikan salah satu fungsi Majid sebagai media pemberdayaan ekonomi umat. Apalagi kita sama- sama punya niat dari segala aspek dan komitmen untuk membangun kembali Jota Tanjungbalai sebagai Kota Ulama,ujar Waris.

Menurut Waris, tlg hampir 75% Musholla dijadikan menjadi Masjid.Ini pertanda bahwa umat Muslim di Tanjungbalai sudah peduli dengan Masjid,” tambah Waris.

Waris juga menyampaikan ikhtiar pihaknya untuk mewujudkan visi regilius di Kota Tanjungbalai.Tentang pentingnya pembangunan keimanan dengan cara berpikir generasi yang dinamis dalam jangka panjang membangun kembali peradaban Islam.

Masih banyak anak- anak Muslim kita yang belum hafal ayat suci Al- Qur’an .Kedepan Pemerintah Kota Tanjungbalai terus mendorong agar tumbuh berkembangRumah Tahfiz Qur’an dan Pesantren di Kota Tanjungbalai .

Kita bisa membina anak- anak kita belajar membaca Al – Qur’an supaya anak kita terhindar dari segala bentuk kejahatan dan kemungkaran.

“Termasuk pentingnya pembangunan pesantren yang banyak di Tanjungbalai.Sudah ada Pondok Pesantren yang akan berdiri dilakukan peletakan batu pertamanya di Kelurahan Selat Tanjug Medan di tanah PT Arkako Kelurahan Sei Raja untuk dijadikan Pesantren,ujar Waris.

Hadir di acara silaturrahmi tersebut Ketua DMI Darmi Irwan,Kepala Kemenag Tanjungbalai Al-Ahyu ,Wakapolres Kompol Jumanto,Kepala KUA dan Pengurus BKM se Kota Tanjungbalai.( Rsp).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *