Gubernur Edy Rahmayadi Buka PSBD Ke V Kabupaten Asahan

  • Bagikan
Gubernur Edy Rahmayadi menghadiri Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Asahan.(Foto : Istimewa)

Kisaran I membaranews.com

 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka Pangelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Ke V Tahun 2023 Kabupaten Asahan di Jalan Taufan Gama Simatupang Kisaran , Sabtu (22/07/2023).

Pembukaan PSBD ditandai pemukulan gong sembilan oleh Gubernur bersama Bupati Asahan H.Surya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Siregar, Walikota Tanjungbalai H.Waris Tholib,Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Franki Susanto,Danlanal TBA, mewakili Kapolres,Sekda Asahan John Hardi Nasution.

Dihadiri para Asisten, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Lurah/Kepala Desa se-Kabupaten Asahan, Ketua Forkala Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya berharap PSBD ini mampu mentransformasi berbagai nilai terkandung di dalamnya, untuk kehidupan lebih baik, terutama bagi generasi muda agar tidak terpengaruh ke dalam budaya asing bernilai negatif. Sehingga dapat melahirkan generasi muda berkepribadian yang baik. Hal ini sangat relevan untuk dikembangkan menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa,ujar Bupati.

“Seni budaya kita sarat dengan pesan, ajaran yang berdayaguna untuk menangkal masuknya budaya asing yang tidak atau kurang sesuai dengan jatidiri kepribadian bangsa kita. Sebab fenomena tersebut apabila tidak kita antisipasi, besar kemungkinan akan berpengaruh terhadap bergesernya sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ucap Bupati.

Bupati mengatakan, kesadaran untuk terus-menerus mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah Kabupaten Asahan dengan beragam kultur dan budaya yang membentuk satu kesatuan dengan kebhinekaan, pada hakikatnya bukan hanya tanggungjawab satu pihak, melainkan tanggungjawab bersama, baik seniman, budayawan, masyarakat maupun Pemerintah demi Mewujudkan Masyarakat Asahan Berkarakter.

Bupati berharap event ini dapat membawa perubahan yang besar terhadap perkembangan kesenian dan budaya Kabupaten Asahan dalam peningkatan ekonomi kerakyatan yang terus tumbuh dan berkembang.

Gubernur Edy Rahmayadi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan karena sangat bermanfaat dalam melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Asahan.

Selain itu kegiatan ini dapat menjadi parawisata lokal bagi masyarakat Asahan.

Edy berharap seluruh etnis menjaga kelestarian seni dan budaya dimiliki. “Jangan sampai seni dan budaya hilang termakan waktu. Untuk itu jaga seni dan budaya yang dimiliki dengan mengenalkannya kepada generasi muda, ungkapnya.

Usai membuka kegiatan PSBD, Gubernur dan Bupati Asahan mengunjungi rumah adat di lokasi PSBD.(akm)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *