Edy Rahmayadi Lapor Jokowi. Kasus Covid-19 Sumut Turun

  • Bagikan

membaranews.com. (Medan)

 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melaporkan tren penurunan kasus Covid-19 di Sumatera Utara kepada Presiden Jokowi. Penurunan kasus Covid dibarengi peningkatan kesembuhan dan tracing.

Kasus positif aktif Sumut berkurang signifikan dalam satu bulan terakhir setelah sempat menyentuh angka 28.392 15 Agustus 2021.

Per tanggal 16 September 2021 kasus aktif di Sumut berada di angka 4.139. Begitu juga tingkat kesembuhan mencapai 93,3% dari sebelumnya 62,8%.

Dibandingkan awal Agustus ( 6 Agustus), kasus harian di Sumut turun secara signifikan. Tanggal 6 Agustus kasus harian Covid-19 di Sumut menyentuh angka 2.045 kasus dan hingga 16 September turun menjadi 252 kasus.

“Satu bulan terakhir menunjukkan perkembangan semakin baik walau masih membutuhkan upaya bersama agar segera terkendali,” kata Edy saat acara pengarahan Presiden Jokowi kepada Forkopimda se-Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jl. Sudirman Nomor 41, Medan, Kamis (16/9/2021).

Selain itu, kondisi Bed Occupancy Rate (BOR) juga membaik, turun 67% menjadi 17% dalam satu bulan terakhir. Lebih membanggakan tracing mencapai 1 banding 14,9, tertinggi di Indonesia berdasarkan asessmen Kementerian Kesehatan tanggal 9 September 2021.

Edy berharap membaiknya kondisi Sumut tidak membuat masyarakat lengah menjalankan protokol kesehatan (prokes), terus memperkuat test, tracing treatment. Dengan cara ini kasus Covid-19 di Sumut bisa terus terkendali.

“Kita tidak boleh lengah seperti yang dikatakan Pak Presiden, butuh konsistensi dan kedisiplinan agar kita bisa mengendalikan Covid-19,” ujar Edy

Presiden Jokowi mengingatkan kembali agar pemimpin-pemimpin di Sumut meningkatkan manajemen lapangan. Pemimpin daerah aktif melihat langsung kondisi kondisi di lapangan seperti ketersediaan oksigen, obat-obatan, kasus per hari, BOR dan lainnya.

Kita tidak bisa bekerja normal, dua tahun terakhir ini bukan kondisi yang biasa. Manajemen lapangan kunci pengendalian penyebaran Covid-19.

” Hati-hati, jangan lengah, kalau lengah kasus kita bisa kembali melonjak,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda dan kepala daerah se-Sumut secara virtual dari Aula Tengku Rizal Nurdin.(Rul)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *