Diskominfo Sumut Ajak Jurnalis Berkolaborasi Sukseskan Pemilu dan PON 2024

  • Bagikan
Puluhan Wartawan Pemprovsu memgikuti FGD Pemilu 2024 dan PON 2025 di Aula Mess Pemprovsu Pora-Pora Parapat.(Foto : Istimewa)

Simalungun I membaranews.com

 

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara berdiskusi dengan Forum Wartawan Pemprov (FWP) dalam upaya menyukseskan dua agenda besar yakni Pemilu 2024 dan PON XXI 2024 Sumut-Aceh.

Peran media/wartawan sangat besar berkontribusi, berkolaborasi dan bersinergi dalam menyukseskan dua agenda besar nasional tersebut.

Dalam Forum Grup Diskusi (FGD) yang digelar di Aula Mess Pemprov Sumut Pora Pora Parapat,Rabu (12/10/2023, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Sumut Harvina Zuhra menekankan peran penting wartawan dalam publikasi Pemilu 2024 dan PON 2024 melalui pemberitaan secara massif.

Harvina mengajak jurnalis membuat Focus Group Discussion (FGD), untuk mendapatkan gagasan dan ide-ide dalam menyukseskan Pemilu 2024 dan PON 2024.

Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, harus bersinergi terutama jurnalis, sebut Vina sapaan akrab Harvina Zuhra.

Vina berharap ke depan diperkuat kolaborasi dan sinergi antara Pemprov Sumut dan FWP Sumut sehingga tujuan dan target terhadap Pemilu 2024 dan PON 2024, berjalan dengan lancar dan sukses.

Vina mengungkapkan pihaknya sedang melakukan persiapan khusus mendukung suksesnya penyelenggaraan PON 2024, seperti bidang Informasi dan Teknologi, nanti ada aplikasi khusus PON Aceh-Sumut.

Kominfo terlibat dalam penyiapan broadcasting, media center dan publikasi . Itu sedang kita melakukan penyusunan, kata Vina.

Justru itu, Vina berpandangan peran jurnalis sangat strategis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat ikut serta menyukseskan Pemilu 2024 dan PON 2024.

Vina mengapresiasi atas kebersamaan dan kerja sama media selama ini dan kedepannya lebih baik lagi.

Ketua FWP Sumut, Zulkifli Harahap, menyampaikan apresiasi terhadap Dinas Kominfo Sumut melibatkan jurnalis dalam menyukseskan Pemilu 2024 dan PON 2024.

Kemitraan kita dengan Pemprov Sumut (Dinas Kominfo) berjalan dengan baik.

Zulkifli mengharapkan dalam FGD ini, ada gagasan dan ide tercipta dari para jurnalis dengan tujuan terwujud kolaborasi dan sinergi dalam menyukseskan agenda Sumut pada tahun depan.Karena kita dari wartawan terlibat aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024 dan PON 2024.

Tentunya diskusi terus kita lakukan dimana peran-peran kita nantinya secara konkrit,tandas Zulkifli.

Sementara itu, Dewan Penasehat FWP Sumut, Khairul Muslim mengungkapkan dalam pelaksanaan PON 2024, ada tiga poin diusung oleh Pemerintah Indonesia, yakni sukses penyelanggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi.

Semua itu, tidak lepas bagaimana kita bersama-sama Pemprov Sumut, untuk menyukseskan PON 2024,sebut Khairul.

Khairul mendorong jurnalis tergabung dalam FWP Sumut, dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024.

Mari kita mengedukasi masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2024 serta ikut juga menyukseskan PON 2024. Karena, dalam dua agenda besar Sumut ini, peran media dan jurnalis sangat penting,” tandasnya.

Dalam diskusi ini, sejumlah jurnalis menyampaikan pendapat dalam menyukseskan Pemilu 2024 dan PON 2024.

Hasil FGD ini, ada berapa poin disimpulkan. Pertama ; wartawan Pemprovsu siap berperan aktif menyukseskan agenda besar nasional di Sumut, yaitu Pemilu dan PON 2024

Kedua ; wartawan Pemprovsu ikut berperan dalam rangka desiminasi informasi dalam rangka sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan, sukses administrasi PON 2024.

Ketiga ; wartawan bersinergi dengan pemerintah untuk menggerakkan masyarakat menggunakan hak pilih, menolak hoax dan menjaga persatuan dan kesatuan serta merawat keberagaman Sumut.

Keempat ; FWP Sumut dan Dinas Kominfo Sumut menjemput bola untuk peningkatan kapasitas wartawan untuk siap sebagai agen komunikasi sukses Pemilu 2024 dan PON 2024.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *