2.200 Mahasiswa se Indonesia Bersaing PIMNAS Ke – 34 USU.

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

2.200 mahasiswa dari 100  Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia akan berkompetisi di  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 Tahun 2021 di Universitas Sumatera Utara (USU).

PIMNAS Ke 34 berlangsung 26-30 Oktober 2021 secara daring dengan tujuh rangkaian kegiatan.Selain USU, sejumlah mahasiswa Unimed, UMSU, UISU juga tampil di PIMNAS Ke 34, kata Ketua Harian PIMNAS Ke 34 Doli Muhammad Jafar Dalimunthe pada press conference  di Lantai 1 Biro Rektor USU,Kamis (16/9/2021) dipandu Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi Amalia Meutia, M Psi, Psikolog.

Hadir Rektor USU, Dr Muryanto Amin , Ketua Umum PIMNAS Ke 34, Dr Eddy Ikhsan,Wakil Rektor, Sekretaris Rektor, pejabat MWA, Senat,Dewan Guru Besar secara virtual hadir Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Doli mengatakan,  USU telah menyiapkan  rangkaian kegiatan PIMNAS,.antara lain, acara ramah tamah di Istana Maimon, pembukaan di pelataran Biro Rektor USU, pameran poster di gedung Pancasila USU, kuliah umum oleh Menteri BUMN, Erick Tohir serta acara penjurian dan acara closing ceremony di Auditorium USU.

Sedangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diperlombakan bidang kewirausahaan , penelitian eksakta , penelitian sosial humaniora  , karsa cipta penerapan teknologi, pengabdian masyarakat  , gagasan tertulis, Gagasan Futuristik Konstruktif.

Estimasi peserta PIMNAS Ke 34 sekitar 2.200 mahasiswa dibimbing 700 dosen pendamping yang hadir secara daring, 105 dewan juri hadir secara luring,” kata Jafar.

Ketua Umum PIMNAS Ke 34, Dr.Ikhsan, SH, MA mengatakan, PIMNAS merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai wadah mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual.

“Kegiatan PIMNAS mendapat dukungan penuh Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Medan,” kata Edy Ikhsan.

PIMNAS menjadi sarana menumbuhkan, mewadahi, mewujudkan ide kreatif , inovatif mahasiswa.

“Dari 2.200 peserta PIMNAS, 36 mahasiswa dari USU. Target kita meraih medali emas di semua kegiatan diperlombakan. “Kita targetkan juara umum lah,” kata Edy Ikhsan.

Sebagai  tua rumah tentunya kami berharap banyak untuk meraih kesuksesan.  PIMNAS  adalah PKM diluncurkan Kemendikbud-ristek. PIMNAS menjadi sarana pengembangan kreativitas mahasiswa yang berjiwa entrepreneur, berbudaya dan inovatif.

Edy Ikhsan berharap, PIMNAS dapat mendorong reputasi USU  di tingkat nasional dan internasional. Memperkuat atmosfer riset kepada civitas akademika USU.

Melalui PIMNAS akan  lahir  ilmuwan-ilmuwan muda yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Rektor USU Dr Muryanto Amin pada kesempatan itu meluncurkan mascot PIMNAS. Maskot dipilih USU  untuk PIMNAS Ke 34 Burung Beo Nias diberi nama ITO. ITO diambil dari “partuturan” dalam adat Batak yang merupakan sebutan atau panggilan pria kepada wanita atau sebaliknya yang berbeda jenis kelamin.

ITO memiliki arti lebih khusus yaitu merupakan akronim dari Intelligent, Tough and Outstanding, yang setiap unsurnya terlebur dalam penampilan maskot PIMNAS Ke-34.

Karakter Intelligent hadir dalam warna biru pada sayap dan ekor yang melambangkan kecerdasan, komunikatif dan andal. Karakter Tough hadir dalam warna merah pada pakaian adat khas Sumatera Utara yang melambangkan ketangguhan, keberanian, kekuatan dan semangat yang besar.

PIMNAS salah satu ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Pada tahun 2021, PIMNAS Ke-34 diselenggarakan secara daring dan luring, tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak memicu klaster baru Covid-19.

Rektor juga melaunching logo, maskot, website. Instagram resmi PIMNAS Ke-34. Website dan Instagram tersebut memuat seluruh informasi terkait pelaksanaan PIMNAS Ke-34.

Pada PIMNAS Ke-34, USU   memodifikasi logo PIMNAS dengan menambahkan elemen lima kobaran api yang menyala pada sisi kiri logo. Filosofi dari jumlah kobaran api menunjukkan asas Pancasila yang diserap dalam seluruh sendi kehidupan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Menjadi tuan rumah PIMNAS Ke 34 sebuah kebanggaan bagi USU.”Kita bisa menjadi tuan rumah karena USU dipercaya mampu,” tegas Muryanto. (Rul)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *