Kunjungan Kemenkopolhukam RI ke Batu Bara: Inovasi Transparansi Pelayanan Publik Efisien

  • Bagikan
Pj. Bupati Batubara Nizhamul, memberikan songket ke Tim Menkopolhukam RI

Batu Bara| membaranews.com

Tim Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenkopolhukam RI) mengunjungi Kabupaten Batu Bara dalam rangka melakukan analisis evaluasi terhadap pengawalan program prioritas nasional.

Kunjungan tersebut , Rabu (06/03/2024) dipimpin oleh Asisten Deputi Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan, Y. Saiful Garyadi, dan disambut secara langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Batu Bara, Nizhamul, S.E., M.M., beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda) Norma Deli Siregar, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Batu Bara.

Salah satu fokus dari analisis evaluasi ini adalah pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) serta percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Batu Bara, Nizhamul, menekankan pentingnya inovasi dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Batu Bara, sesuai dengan tagline Kabupaten Batu Bara, yaitu “transparansi.”

Beliau menyatakan, “Keterbukaan Informasi Publik akan sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi sehingga informasi mudah dijangkau, andal, terpercaya, dan interaktif.”

Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus berupaya mengelola informasi dengan baik melalui kolaborasi multi-stakeholder yang melibatkan semua pihak terkait.

Hal ini bertujuan agar informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat diterima secara informatif dan cepat.

Pj. Bupati Nizhamul juga mengungkapkan bahwa sejak Desember 2021, Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah menggunakan Pusat Data Nasional.

Pada Desember 2022, terdapat 38 web/aplikasi yang dimiliki oleh Pemkab Batu Bara yang didukung oleh PDN. Beberapa di antaranya adalah System Online Submission (OSS) dan aplikasi “sicantik cloud” untuk mempercepat penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non-perizinan.

Dalam rangka memudahkan akses pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga meluncurkan inovasi layanan seperti Dokter KK GO digital dan DUKCAPIL yang hadir di desa, memanfaatkan aplikasi berbasis web.

Hal ini memungkinkan masyarakat untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut di kantor desa dengan lebih efisien.

Upaya-upaya inovatif dalam pelayanan pemerintah, khususnya terkait transparansi informasi publik, menjadi bagian dari visi Pemkab Batu Bara untuk mewujudkan “Kabupaten Batu Bara Bangkit.”

Sebagai tanda penghargaan, Pj. Bupati Nizhamul memberikan kain songket sebagai cinderamata kepada Y. Saiful Garyadi sebagai perwakilan dari Tim Kemenkopolhukam RI. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *