Pemprov Sumut Sembelih 140 Ekor Hewan Kurban di Kabupaten, Kota

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

Untuk Idul Adha 1441 H/Tahun 2020, Pemrov Sumut akan menyembelih 140 hewan kurban di 33 Kabupaten, Kota.

Hewan kurban dikirim ke daerah Kabupaten, Kota khusus daerah Kepulauan Nias, Pemprov akan mengirim dana hewan kurban dan kemudian dibeli di daerah itu.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melalui Plt Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan M Fitriyus, di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (21/07/2020 ) mengatakan, pembagian daging kurban menggunakan besek produk UMKM sebagai bentuk komitmen Pemprov Sumut mendukung pengurangan sampah plastik dan pilihan lebih sehat dan ramah lingkungan, dibanding plastik yang mengandung zat-zat kimia.

Saat ini sudah disiapkan 10.000 lebih kantong (besek) lebih, kalau kurang ditambah lagi. Ada terbuat dari daun pandan daun purun.

Penggunaan besek diharapkan dapat meningkatkan produktivitas UMKM penghasil besek di berbagai daerah kabupaten/kota, seperti Langkat dan Deli Serdang.

Semakin banyak besek digunakan semakin banyak pendapatan diperoleh pelaku UMKM.

“Dengan begitu, pelaku UMKM yang sempat terpuruk karena dampak pandemi Covid-19 dapat bangkit dan produktif lagi,” ujar Fitriyus.

Dana hewan kurban dihimpun dari seluruh ASN dan BUMD, termasuk dari pribadi Gubernur Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Sekretaris Daerah R Sabrina dan kemungkinan bertambah hingga hari pelaksanaannya,” ujar Fitriyus.

Pembagian di kabupaten/kota akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia/MUI. (rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *