Kapal Penangkap Ikan Terbakar di Pulau Berhala , 2 ABK hilang

  • Bagikan

membaranews.com (Serdangbedagai)

 

Sebuah Kapal Motor penangkap ikan “KM United” rute Pelabuhan Perikanan Belawan – Fishing Ground Perairan Pulau Berhala berkapasitas 60 GT terbakar di Perairan Pulau Berhala Kabupaten Serdang Bedagai,Selasa ( (3/8/2021) sekitar pukul 10.00 WIB .

Diketahui KM United membawa 10 orang ABK , satu orang ABK meninggal dunia dan 2 orang lagi masih dinyatakan hilang sedangkan 7 orang lain nya selamat. Rabu (4/8/2021) dinihari tadi sekitar pukul 03.00 WIB tiba di Pelabuhan Belawan.

Saat kebakaran terjadi, KM Tanto (kapal cargo) sedang melintas dari Perairan Pulau Berhala menuju Belawan melihat KM United terbakar dan mencoba memadamkan api. Pada saat yang sama KM United 2 (satu perusahaan yang sama dengan KM United yang terbakar), juga sedang melintas dan langsung membantu memadamkan api. Namun besarnya kobaran api langsung membakar semua bagian kapal sehingga usaha yang dilakukan tidak hasil. Akibat kebakaran , KM United karam dilokasi tersebut.

Selanjutnya KM United 2 membawa 7 ABK yang selamat dan 1 ABK meninggal dunia menuju Pelabuhan Belawan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan Toto Mulyono,SE mengatakan, informasi pertama kali kita terima dari petugas siaga VTS Belawan. Malam itu juga saya langsung memerintahkan kepala Seksi Operasi Basarnas Medan untuk memimpin pergerakan personil Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan menuju Belawan dan bergabung bersama personil kapal KN. SAR Sanjaya yang seterusnya akan digunakan menuju lokasi melakukan pencarian,”kata Toto.

Pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB, KN SAR Sanjaya bersama 18 orang personil berangkat menuju Perairan Pulau Berhala.Hingga saat ini tim masih fokus melakukan pencarian, semoga korban secepatnya bisa diketemukan.”tambah Toto.

 

Data Korban Selamat :

1. Ilham (51) warga Gg. Alpala Belawan

2. Abdul Khoir Lase (28) warga Kampung Nelayan

3. Hotma Pasolian (32) warga Namoukur

4. Putra (23) warga Belawan

5. Syahrial (25) warga Kelurahan Nelayan Indah Belawan

6. Erikson Sitompul (45) warga Sei Mati Belawan

7. Idris Gunawan Harahap (32) warga Lorong 4 Umum Belawan

 

Korban Meninggal :

1. M. Ali Simanjuntak

 

Korban Hilang :

1. Jhon (nahkoda kapal)

2. Simatupang (ABK)-

(Rel/Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *