Dua Tokoh Muslim Nasional Sebut Kualitas Kafilah Sumut Meningkat

  • Bagikan

 membaranews.com-(Medan)

Kualitas kafilah-kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Sumatera Utara terus meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pengelolaan lebih serius dan fokus salah satu faktor utama peningkatan tersebut.

Setelah beberapa tahun kurang terlihat eksistensinya, kini Sumut berada di peringkat ketiga secara nasional. Ini tidak terlepas dari semakin seriusnya Pemerintah Provinsi Sumut dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dalam pembinaan para qori/qoriah, hafiz/hafizah.

“Dua tahun terakhir sampai Seleksi Tilawatil Quran Sumut sudah 3 besar. Hal ini karena semakin fokus pengelolaannya. Ada pelatihan dewan hakim, pelatihan qori dan qoriah, hafiz dan hafizah serta cabang-cabang lainnya dan itu dilakukan secara berjenjang. Pengelolaan sekarang semakin profesional,” kata Said Agil Husim Al Munawar kepada wartawan sebelum bertugas menjadi Dewan Hakim Cabang 30 Juz pada MTQ Tingkat Provinsi Sumut Ke-37 di GOR Marah Halim, Senin (07/09/2020).

Menurut Said Agil, peningkatan kualitas kafilah Sumut sebenarnya tidak mengejutkan karena Sumut gudangnya qori/qoriah dan hafiz/hafizah. “Sebelumnya banyak anggapan Sumut  tertidur sehingga banyak qori-qorinya menyebar ke provinsi lain. Secara nasional orang-orangnya itu juga, orang Sumut. Saya sendiri berguru pada Syekh Azrai Abdurrauf Tahun 75-an. Jadi kalau talenta Sumut tak pernah kehabisan. MTQ kali ini membawa Sumut pada kedewasaan,” kata mantan Menteri Agama ini.

 Mantan Qori Nasional asal Sumut yang juga Ketua Umum PB Al Jam’iyatul Washliyah H. Yusnar Yusuf Rangkuti juga membenarkan.  Pada MTQ Ke-37 ini,  Sumut mampu melahirkan kafilah berkualitas, terutama untuk tingkat remaja. Ini penting karena remaja dalam waktu dekat akan menggantikan senior-seniornya.

 “Peningkatan kualitas sudah terlihat terutama qori dan qoriah. Di tingkatan remaja juga seperti itu. Penting adanya peningkatan kualitas pada tingkatan remaja karena dalam waktu dekat mereka akan menggantikan seniornya. Ini perlu konsistensi dan tekad.

Saya yakin dengan bimbingan senior-seniornya yang sudah ternama, Sumut akan semakin mantap,” kata Yusnar Yusuf  Dewan Hakim untuk Cabang Tilawah Remaja.

 MTQ Tingkat Provinsi Sumut di Kota Tebing Tinggi berlangsung  5 -11 September 2020. (rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *