Di Medan, Kerumunan Pesepeda Ditertibkan. Masih Banyak Belum Pakai Masker

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

Puluhan personel Satpol PP bersama Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polrestabes Medan menertibkan pesepeda di sejumlah kawasan  Kota Medan, Minggu pagi (26/07/2020)  sekitar pukul 06.30 WIB. Antara lain di Jalan Gatot Subroto, Imam Bonjol, Diponegoro dan seputaran Lapangan Merdeka Medan.

Kepala Satpol PP Sumut Suriadi Bahar mengatakan, aktivitas bersepeda saat pandemi Covid-19 menjadi tren di masyarakat terutama warga perkotaan.

Memang bersepeda (berolah raga)  menjadi bagian dari menyehatkan badan dan meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19.

Namun dalam beraktivitas pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan terutama menggunakan masker, menjaga jarak aman interaksi,  menghindari kerumunan.

Walaupun begitu, warga perlu diingatkan kembali tentang pentingnya disiplin diri di masa pandemi Covid-19.

“Temuan kita di lapangan, warga yang berolahraga masih banyak yang membawa anak kecil (balita) tanpa masker dan berkerumunan di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Para pesepeda juga tidak menjaga jarak terutama saat sedang beristirahat dan duduk di trotoar pinggir Lapangan Merdeka,” ujar Suriadi.
Yang memakai masker sekitar 85%  saat berolahraga.

Meskipun jumlah pesepeda di kawasan Lapangan Merdeka Medan berkurang dari pekan sebelumnya, namun masih menemukan banyak tidak mengenakan masker atau menyimpannya di tas atau saku celana.

Ada yang tidak terima saat ditegur petugas untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, tegas Suardi.

Melihat di lapangan memang kekhawatiran masyarakat terhadap penularan virus Corona (Covid-19) masih sangat minim. Bahkan anak dan lansia yang rentan terinfeksi tidak mengenakan masker, ujarnya.

Kita juga melakukan langkah memecah kerumunan (mengurai) warga yang berolahraga agar terbagi di dua tempat di kawasan Lapangan Merdeka.Yakni di depan Kantor Pos dan depan Kantor Bank Mandiri. Kita membawa 10 buah papan informasi berisi imbauan tentang pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dengan berkeliling di seputaran Lapangan Merdeka menggunakan mobil patroli, tambahnya.

Dalam aksi penertiban dibagi masker kepada pengendara dan para pedagang  sekitar Lapangan Merdeka Medan. (rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *