Deseminasi MBS Untuk Peningkatan Mutu Kepala Sekolah Di Kabupaten Batu Bara

  • Bagikan

membaranews.com(Batu Bara)

Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara mengadakan Pelatihan Diseminasi Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) di Buffet Mangga Kec. Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Rabu (02/12/2020).

Otonomi Daerah sebagai kebijakan politik makro memberi dampak terhadap otonomi sekolah sebagai sub sistem pendidikan.

Artinya,  pengelolaan pendidikan dilakukan secara otonom  dengan model manajemen berbasis sekolah atau school based management, kata Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus saat membuka  Pelatihan MBS.

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi dan pemerataan pendidikan , mengakomodasi keinginan masyarakat dengan menjalin kerja sama yang erat antar sekolah dan pemerintah.

Menurut Ilyas,  sekolah bagian integral dari masyarakat dan kelangsungan sekolah bergantung pada masyarakat.Aekolah merupakan lembaga sosial  berfungsi  melayani anggota masyarakat dalam bidang pendidikan, kemajuan sekolah.

Yusri Nasution selaku Koordinator Province Sumatera Utara Tanoto Foundaton menyampaikan, kegiatan Pelatihan Diseminasi MBS sangat perlu sebagai penambah bekal para kepala sekolah. Sebab, kepala sekolah salah satu penentu maju mundurnya sebuah lembaga sekolah. Untuk itu peserta dapat mengikuti pelatihan  dengan serius, ujar Yusri.

Rahmad Zein Panitia Penyelenggara Pelatihan Rahmat Zein mengatakan MBS diikuti  47 kepala sekolah SMP yang belum mendapatkan Pelatihan MBS Bersama Tanoto Foundation.

Hadir Fasda TF Felly Ardan yang juga Koordinator Kabupaten Batu Bara Tanoto Foundation.(zul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *