SDM Pemko Medan Bidang Pelayanan Publik Ditingkatkan

  • Bagikan
Asisten Umum Renward Parapat menyematkan tanda peserta Bimtek Pelayanan Publik.(Foto : Kominfomdn)

membaranews.com.(Medan)

 

Upaya peningkatan kemampuan dalam pelayanan publik, Pemko Medan melalui BKDPSDM menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Customer Service di Grand Kanaya Hotel, Senin (8/8/2022). Peningkatan pelayanan publik salah satu visi dan misi Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Bimtek diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan bidang pelayanan publik dibuka Asisten Umum Renward Parapat.

Narasumber dari Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis Sosial Kultural ASN Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LANRI), Dra Isti Heriani dan Plt Kaban BKDPSDM Sutan Tolang Lubis diwakili Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Alfa Rheza Daulay.

Wali Kota Bobby Nasution dalam sambutan tertulis disampaikan Asmum Renward Parapat mengatakan, salah satu indikator keberhasilan SDM khusus berada di garda depan pelayanan publik adalah kualitas layanan. Karena itu, peningkatan kompetensi dalam melayani customer suatu keharusan agar lebih meningkatkan pengetahuan dan perubahan mindset dalam pengelolaan pelayanan pemerintah Kota Medan.

Menurut Wali Kota sebagai pelayan masyarakat sudah menjadi kewajiban kita memberikan yang terbaik, profesional, tulus dari hati. Jangan pernah berfikir karena sangat dibutuhkan dimana masyarakat tidak punya pilihan lain sehingga kita tidak perlu meningkatkan quality service kepada masyarakat.

“Pemikiran ini sangat keliru terutama di era kemajuan informasi dan teknik, masyarakat menjadi semakin kritis. Mau tidak mau menjadi tantangan bagi bertugas di pelayanan publik agar merubah mindset sebagai abdi masyarakat yang melayani bukan dilayani,” ujarnya.

Pemko Medan terus membenahi kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik melalui peningkatan sarana dan prasarana semakin memadai serta memanfaatkan informasi dan teknologi. Namun sarana dan prasarana yang baik jika tidak didukung SDM berintegritas dalam melayani tidak akan menghasilkan layanan memuaskan.

Sementara Isti Heriani dari LAN RI menyampaikan kebijakan nasional terkait pelayanan publik, standar minimal pelayanan sehingga bisa diakses masyarakat secara transparan. Artinya pelayanan harus objektif tidak membedakan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat terlayani,ujar Isti.

Plt. Kaban BKDPSDM diwakili Kabid Pengembangan Sumber Daya Alfa Rheza Daulay mengatakan, Bimtek digelar 4 hari 8- 11 Agustus 2022 diikuti ASN di Pemko Medan bidang pelayanan publik.

Bimtek meliputi ; Orientasi Program, Building Learning Commitment (BLC),Undang Undang ASN,Pelayanan Publik, Pelayanan Dari Hati, Fasilitas Pelayanan, Komunikasi Pelayanan, Manajemen Perubahan, Implementasi Customer Service, Menyusun dan Seminar Rencana Aksi ,Warap Up.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *