Revitalisasi Lapangan Merdeka Melengkapi Pembenahan Kota Lama Kesawan

  • Bagikan

membaranews.com.(Medan)

 

Pemko Medan sedang melakukan perencanaan revitalisasi Lapangan Merdeka yang diharapkan melengkapi penataan kawasan kota lama Kesawan.

Hal ini terungkap dalam Paparan Desain Revitalisasi Lapangan Merdeka oleh Hartono Architect pada pertemuan dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Ruang Rapat I kantor Wali Kota Medan,Selasa (14/9/2021).

Hadir Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman, Sekda Wiriya Alrahman, Kepala Bappeda Benny Iskandar, Anggota DPRD Sumut Akbar Himawan Buchori.

Bobby mengatakan, revitalisasi diharapkan menciptakan keterhubungan Kesawan, Lapangan Merdeka, Stasiun Kereta Api.

Revitalisasi membuat Lapangan Merdeka menjadi lebih bermanfaat, persoalan parkir di kawasan terpecahkan melalui revitalisasi.Yakni, membangun tempat parkir terpusat di bawah tanah.

Akbar mendukung revitalisasi Lapangan Merdeka terwujud.Anggota DPRD Sumut Dapil Medan ini mengatakan, saat ini sedang dilakukan pembahasan RAPBD Sumut 2022. Ada bantuan keuangan provinsi ke daerah.

Akbar minta Pemko Medan mengajukan proposal agar bantuan keuangan provinsi ke Medan dapat dialokasikan mendukung revitalisasi Lapangan Merdeka.

Arsitek Suhardi Hartono memaparkan, pendekatan dilakukan dalam revitalisasi adalah history urban landscape.Konsep utamanya adalah pelestarian ruang kota bersejarah dan konteks dinimika rancang kota kontemporer.

Revitalisasi mempertahankan signifikansi sejarah dan karakter Lapangan Merdeka termasuk mempertahankan keberadaan pohon-pohon tua disana.

Dalam revitalisasi dirancang tempat parkir dibangun di bawah tanah. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *