PT.Inalum Tanam Pohon di Kawasan Danau Toba

  • Bagikan

membaranews.com (Batu Bara)

 

PT Inalum melakukan penanaman pohon di kawasan Paropo dan membagikan bibit pohon kepada masyarakat Tongging di Sumatera Utara. Kegiatan ini bagian dari pelaksanaan program Bakti BUMN untuk Indonesia yang berlangsung di Sumatera Utara.

Inalum sebagai tuan rumah menunjukan komitmen dan mengajak para sukarelawan menjaga Kawasan Danau Toba yang menjadi jantung dari Sumatera Utara sekaligus menjaga sumber energi dari operasional perusahaan.

Executive Director Yayasan BUMN Syafuan mengatakan kepada media, program Bakti BUMN Untuk Indonesia merupakan pilot project dari Yayasan BUMN dan Kementerian BUMN untuk menyinergikan program TJSL perusahaan BUMN, semangat volunterisme, dan semangat kebersamaan.Program ini terus berjalan dibanyak titik di Indonesia.

“Sesuai dengan nature Yayasan, Yayasan BUMN dalam melakukan aktivitasnya selalu melibatkan relawan. Melalui program ini kami mendapatkan insight bahwa banyak karyawan-karyawan BUMN memiliki kepekaan sosial tinggi dan tertarik menjadi relawan.

Yayasan BUMN sangat mendukung inisiatif dari Kementerian BUMN dalam memberikan wadah bagi Karyawan BUMN tersebut.”Kami berharap program ini terus berjalan sehingga kegiatan yang diberikan bersama masyarakat dapat berdampak semakin lebih meluas dan berkelanjutan,” ujar Syafuan.

Senior Vice President TJSL/CSR PT Inalum. Ismail Midi menyebut, program ini sangat positif karena setiap BUMN di Indonesia bisa berkolaborasi untuk bersama-sama menyelesaikan masalah di masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Program Bakti BUMN Untuk Indonesia mendorong kolaborasi setiap perusahaan BUMN di Indonesia untuk menyelesaikan setiap permasalahan di masyarakat dan lingkungan sekitar.

Program ini memberi informasi bahwa BUMN tidak saja hadir sebagai sebuah entitas perusahaan mengejar profit tapi juga sebagai entitas perusahaan mengejar kebermanfaatan untuk masyarakat dan lingkungan.

Saya berharap program ini terus ada di lokasi berbeda dengan peserta lebih banyak juga,ujar Ismail Midi.

Dalam program Bakti BUMN Untuk Indonesa yang dilaksanakan di Danau Toba, PT Inalum diamanahkan menjadi tuan rumah. Kegiatan berlangsung 26 – 29 Maret 2022 dengan agenda utama melakukan penanaman pohon di Daerah Tangkapan Air Danau Toba di Desa Paropo Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi Sumatera Utara.

Vice President Power Plant Enviromental & Sustainability (PES) Inalum Sunarno A. Rakino mengatakan, penanaman pohon merupakan berkah untuk lingkungan Danau Toba. Program serupa bisa terus dilakukan Kementrian BUMN dan Yayasan BUMN di Kawasan Danau Toba yang menjadi kebanggaan dari Sumatera Utara dan Indonesia.

“Kami senang dengan sinergi ini bisa memberikan kami kesempatan lebih besar dalam menjaga Kawasan Danau Toba. Bagaimanapun juga, Danau Toba merupakan Kawasan Super Prioritas di Indonesia sekaligus jantung untuk masyarakat Sumatera Utara dalam hal ketersediaan air.

Kami berterima kasih atas kerelaan para peserta datang ke Danau Toba turut menjaga kawasan kita banggakan ”, ujar Sunarno.

Pohon ditanam antara lain Macadamia Nut (300 bibit), Pinus (100 bibit), Alpukat (100 bibit). Lokasi penanaman juga dilakukan di Kawasan PLTA PT Inalum di Paritohan. Penanaman dilakukan serentak oleh 10 sukarelawan berasal dari 10 perusahaan BUMN di Indonesia.

Selain melakukan penanaman pohon, para sukarelawan melakukan penyuluhan di Desa Tongging Kabupaten Karo. Sekaligus menyerahkan bantuan bola sepak bertanda tangan Menteri BUMN Erick Thohir kepada anak-anak di lokasi penanaman.

Para sukarelawan diajak melihat proses kerja PLTA Inalum di Paritohan antara lain Bendungan Tangga, Bendungan Sigura-gura, Underground Tunner Power Plant.

Senior VP Power Plant Administration and Support Inalum Ari Bowo menegaskan , Inalum berkomitmen melakukan program konservasi, salah satunya melalui program penanaman pohon demi menjaga kelestarian Kawasan Danau Toba.

Program Bakti BUMN Untuk Indonesia merupakan program pertama dari Yayasan BUMN mengkolaborasikan setiap BUMN di Indonesia demi meningkatkan jiwa kepedulian pegawai BUMN terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Pegawai BUMN turut aktif menjadi relawan dalam pelaksanaan program TJSL di masing-masing BUMN maupun lintas BUMN.Dilaksanakan di 3 lokasi berbeda yaitu : Mandalika NTB Program Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah , Sumba Barat NTT Program Pelatihan UMK, dan Kawasan Danau Toba Sumatera Utara Program Tanam Pohon.

Tahun 2015 – 2021, PT Inalum melakukan kegiatan konservasi menanam 732.265 pohon pada area seluas 1.409,63 Ha di 7 Kabupaten sekitar Danau Toba. Bekerja sama dengan antara lain dengan KLHK, Dinas Kehutanan, Pemkab, KPH, DLH,LSM, Kelompok Masyarakat, Kelompok Tani Hutan, TNI, Polri,Inhutani, PJT1.

Tahun 2022, PT Inalum merencanakan penanaman 308.148 pohon. .elalui program Konservasi Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba 130.000 pohon dengan luas sekitar 260 Ha, melalui program Jasa Pengelola Sumber Daya Alam bersama PJT1 sebanyak 178.148 pohon dengan luas sekitar 445,37 Ha.

Ini merupakan dukungan penuh Inalum terhadap program pemerintah Indonesia yang menjadikan wilayah Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas,”ujar Ari Wibowo. (mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *