Pesantren Darul Mursyid Tapsel Sukses Raih 8 Emas, 2 Perak , 2 Perunggu Pada BIMAGE Competition 2021

  • Bagikan
Darul Mursyid

membaranews.com (Tapanuli Selatan)

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) kembali mencatatkan prestasi sains dengan meraih 8 medali Emas, 2 Perak ,
2 Perunggu pada BIMAGE Competition 2021 yang digelar OASE Edukasi secara online 14 Maret 2021.

Guru pembina dan pendamping Tim PDM Arjun Aripin Lase mengatakan, BIMAGE Competition merupakan salah satu rangkaian kompetisi yang diselenggarakan OASE Edukasi, dimana para insan akademis berkompetisi dan menunjukkan keilmuan mereka dalam bidang akademik. Ini dapat memotivasi dan meningkatkan keilmuan dan produktivitas para akademisi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Arjun menyebut, sekitar 10.000 peserta dari berbagai sekolahternama di Indonesia ikut ambil bagian dalam event ini.

Tujuh bidang studi diperlombakan dalam event ini, yakni Biologi, Matematika, Geografi, Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi dan Komputer.

“Alhamdulillah enam dari tujuh bidang studi yang diperlombakan,siswa kami bisa menyumbangkan prestasi setiap bidang. Khusus bidang studi Sosiologi memang tidak ada utusan kami yang mengikuti karena Darul Mursyid fokus di bidang sains,” ujar Arjun, Senin (22/3/2021).

Arjun merincikan, siswa-siswi Darul Mursyid peraih medali yaitu bidang studi Geografi Fauzan Fadhil Sinambela meraih Emas dan Nasla Putri Bungsu meraih Perunggu. Bidang studi Ekonomi dan Akuntansi Radhitya Wicaksana meraih Emas. Bidang studi Komputer Ahmad Rian Syaifullah Ritonga dan M. Thariq Aulia Rahman Lubis masing-masing meraih Emas. Bidang studi Matematika M. Thariq Aulia Rahman Lubis juga meraih Emas. Sedangkan bidang studi Biologi Khairunnisa Fitri Nasution dan M. Rizky Ferdiansyah masing-masing meraih Emas, Fadly Syafii dan Yona Rizky Putri masing-masing meraih Perak, Khairil Anhar meraih Perunggu.

Wakil Direktur Bidang Akademik PDM Ahmad Suhaeli Pulungan sangat bersyukur dan bangga atas raihan prestasi anak didiknya di ajang BIMAGE Competition tahun ini.

“Syukur Alhamdulillah, anak-anak didik kami kembali lagi membanggakan nama baik Darul Mursyid di kancah nasional. Luar biasa perolehan prestasi yang diraih khusus bidang sains,” ucap Suhaeli.

Suhaeli mengatakan, Darul Mursyid yang terletak di Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara baru pertama kali mengikuti event ini dan hasilnya luar biasa.

“Tidak hanya meraih prestasi per bidang studi, namun ada juga yang meraih prestasi di dua bidang sekaligus yakni Radhitya Wicaksana meraih Emas pada bidang studi Ekonomi dan Akuntansi, M. Thariq Aulia Rahman juga meraih Emas pada bidang studi Matematika dan Komputer,” ujar Suhaeli.

Suhaeli mengemukakan, berdasarkan data yang mereka lihat bahwa sekolah-sekolah yang mengikuti event ini adalah sekolah umum unggulan tingkat SMA/MA di berbagai wilayah di Indonesia, seperti MAN 1 Banda Aceh, MAN 1 Banjar Negara, MAN 3 Mataram, MAN 1 Surakarta, MAN 2 Kediri, MAN 2 Kuansing Riau, MAN BLORA Jawa Tengah, SMAN 5 Ambon Maluku, SMAN 1 Manggar Kepulauan Bangka Belitung, serta sekolah unggul lainnya.

“Hal ini membuktikan Darul Mursyid yang berada jauh di sudut Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapsel, Sumut mampu bersaing dan berhasil menunjukkan jati dirinya sebagai pesantren yang konsen di bidang sains dengan prestasi-prestasi yang sangat membanggakan,” ungkap Suhaeli.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, badan pengelola PDM juga mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian prestasi Darul Mursyid pada event BIMAGE Competition tahun ini.

“Puji dan syukur kita yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT atas anugerah ini, Darul Mursyid kembali berhasil mencatatkan prestasi tingkat Nasional pada event BIMAGE Competition 2021 ini. Kerja keras dan doa dari semua pengurus, pembina, pendidik dan pengasuh di Darul Mursyid membuahkan hasil yang sangat patut kita syukuri.

Kita tidak boleh berpuas diri sampai di sini karena kedepan persaingan akan semakin kompetitif,” ujar Jafar.

Jafar berharap prestasi ini menambah kesyukuran dan semangat bagi Darul Mursyid untuk terus berprestasi di bidang sains.
“Darul Mursyid harus tetap mempertahankan konsistensi prestasi sainsnya dimasa-masa yang akan datang.

Kami juga berharap Darul Mursyid tetap bisa mengharumkan nama Kabupaten Tapanuli Selatan , nama pesantren di kancah olimpiade sains baik di tingkat Provinsi dan Nasional, khusus pada olimpiade KSM dan KSN 2021 yang kita persiapkan saat ini,” tutur Jafar alumni S3 USM Penang Malaysia ini. (Borneo)

Foto :

Tim Darul Mursyid peraih medali pada BIMAGE Competition 2021. (Ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *