Pesantren Darul Mursyid Sukses Gelar Seminar Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syar’i

  • Bagikan
Jafar Syahbuddin Ritonga. (Foto : Istimewa)

 

membaranews.com (Tapanuli Selatan)

 

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sukses menyelenggarakan Seminar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syar’i di Galanggang Pesantren Baharuddin Kecamatan Angkola Muaratais, pekan lalu.

Seminar dengan nara sumber Ustad Yasir Arafat LC MA dan tim Rumah Potong Hewan (RPH) dari Medan dihadiri sejumlah pengurus pondok pesantren.

Ketua Panitia Seminar Asep Safa’at Siregar MPd menyampaikan, seminar diperuntukkan bagi para nazir masjid serta masyarakat yang biasa dalam hal penyembelihan hewan kurban di Tapsel.

Peserta seminar 200 orang dari 14 kecamatan yakni Kecamatan Saipar Dolok Hole 8 orang, Arse 10 orang, Sipirok 12 orang, Angkola Timur 12 orang, Marancar 8 orang, Muara Batang Toru 10 orang, Batang Toru 14 orang, Angkola Barat 13 orang, Angkola Selatan 12 orang, Angkola Muaratais 14 orang, Sayurmatinggi 10 orang, Tano Tombangan Angkola 18 orang, Angkola Sangkunur 15 orang, Batang Angkola 13 orang.

Asep Safa’at berharap, seminar bisa memberikan edukasi bagi masyarakat terutama orang-orang yang biasa ditugaskan untuk menyembelih hewan kurban di desa masing-masing agar bisa menyesuaikan dengan penyembelihan secara syar’i.

“Dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat bisa menikmati sajian yang lebih halal secara syar’i dan halal secara tata cara penyembelihan,” ucap Asep.

Selain teori, juga dilakukan praktek penyembelihan secara langsung dibimbing Ustad Yasir Arafat LC MA dan kerja sama dengan tim RPH dari Medan.

“Alhamdulillah, seminar pelatihan telah selesai. Secara umum acara berjalan baik dan sukses,” ujar Asep.

Asep menyatakan, Pesantren Darul Mursyid dikomandoi Jafar Syahbuddin Ritonga (JSR) hadir dan berbuat untuk masyarakat.

“Sejalan dengan visi misi Pesantren Darul Mursyid yang kini menjelma menjadi Lembaga Pemberdayaan Umat akan terus menebar manfaat bagi umat,” ungkap Asep.

Ustad Khoirunnas dari Pesantren Roudotul Khoiriyah Kecamatan Tano Tombangan Angkola menyebutkan, seminar seperti ini cukup dibutuhkan masyarakat Tapsel.

“Alhamdulillah, saya telah selesai mengikuti seminar ini. Nara sumber cukup berpengalaman dan ditambah lagi dengan praktek langsung tentang tata cara penyembelihan hewan kurban. Semoga semua termotivasi serta tercerahkan dan Pesantren Darul Mursyid terus konsisten berbuat untuk kemajuan umat,” tutur Ustad Khoirunnas.

Direktur PDM Drs Yusri Lubis mengemukakan, seminar bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap pemahaman dasar tentang penyembelihan hewan kurban secara syar’i.

Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) Darul Mursyid Jafar Syahbuddin Ritonga (JSR) selaku penggagas seminar menjelaskan, seminar dilaksanakan sebagai upaya memberikan pemahaman dasar tentang tata cara penyembelihan hewan secara syar’i. Kemudian sebagai upaya untuk memastikan pelaksanaan dan higienitas hewan potong kurban agar terjaga, sehat dan aman.

“Kegiatan ini insya Allah akan bermanfaat khususnya dalam penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha,” ujar JSR juga Ketua Bidang Ekonomi Pemberdayaan Umat MUI Sumut ini.

JSR alumni S3 USM Malaysia menegaskan, seminar untuk memahamkan para peserta tentang tata cara penyembelihan hewan sesuai dengan hukum Islam. (Borneo/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *