Pemko – MUI Kolaborasi Berdayakan Masjid

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Pemko Medan mengajak MUI Kota Medan berkolaborasi dalam mewujudkan visi misi Kota Medan, salah satunya memberdayakan dan meningkatkan perekonomian umat melalui masjid mandiri.

“Pemko Medan berkomitmen untuk melahirkan satu Tahfiz Qur’an disetiap masjid”, kata Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman SE pada Pengukuhan dan Ta’aruf Dewan Pimpinan MUI Kota Medan masa khidmat 2021 -2026 di Aula Kantor MUI Kota Medan Jalan Nusantara, Kecamatan Medan Kota, Senin (12/4/2021).

Pengukuhan dan Ta’aruf Dewan Pimpinan MUI Kota Medan dilakukan Ketua MUI Sumut H. Maratua Simanjuntak.

Disaksikan tokoh masyarakat Sumut H.Syamsul Arifin,SE H.Abdillah, Anggota DPRD Medan Afif Abdillah unsur Forkopimda.

Sebelum pengukuhan dikakukan pembacaan Surat Keputusan Kepengurusan MUI Kota Medan masa kidmat 2021-2026, penyerahan SK kepada Ketua MUI Kota Medan dan penandatanganan berita penyerahan Jabatan Ketua MUI Kota Medan.

Kepengurusan MUI Kota Medan dikukuhkan, Ketua Umum : Hasan Matsum, Sekretaris Umum, Syukri Albani Nasution, Bendahara Umum Hj Erlina. Dewan Pertimbangan MUI Medan Prof.H.Mohd.Hatta.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman berharap kolaborasi Pemko Medan dan MUI dalam mewujudkan Visi Misi Kota Medan.

“Nantinya Pemko Medan, MUI dan Dewan Masjid duduk bersama untuk mewujudkan program Pemko Medan dan menjadikan masjid sebagai kontrol sosial dan mewujudkan dedikasi bagi generasi muda serta menjadi satu pelindung perekonomian umat di Kota Medan,” kata Aulia.

Menurut Aulia, MUI memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan umat dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. Apalagi saat ini kondisi di setiap wilayah Indonesia banyak yang berbau unsur agama. Artinya informasi yang tidak baik dan berkembang di masyarakat dapat di counter MUI agar tidak terjadi perpecahan antar umat agama.

“Medan merupakan miniatur Indonesia sehingga jika ada informasi yang dapat menimbulkan pergesekan di tengah masyarakat, MUI memiliki peran penting dalam menjaga keamanan kota,” tegas Wakil Wali Kota.

Justru itu, MUI Kota Medan diharapka. dapat berkolaborasi dengan Pemko Medan terkait surat menyurat masjid agar keberadaan masjid dapat terdata dan legalitasnya terjaga,” ujar Aulia.

Dengan FatwaMUI Pemko Medan akan membantu untuk proses surat menyurat masjid agar terdata dan keberadaan masjid legal, tambah Aulia

Selanjutnya Wakil Wali Kota Medan mengucapkan selamat kepada Kepengurusan MUI Kota Medan yang harus dikukuhkan semoga jabatan ini sebagai amal ibadah dan dibawah kepengurusan yang baru MUI dapat terus berperan untuk kota Medan dan umat Islam yang Rahmatan Lil Alamin. “Selamat Atas dikukuhkannya Kepengurusan MUI Kota Medan yang baru, semoga kedepannya dapat terjalin komunikasi yang baik untuk kebaikan Kota Medan kedepannya,” ujar Wakil Wali Kota

Ketua MUI Kota Medan Hasan Matsum mengatakan, sebagai mitra Pemko Medan, MUI siap berkolaborasi untuk mewujudkan visi misi Kota Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasutiondan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman.

“Salah satu program yang akan dikolaborasikan MUI Kota Medan dan Pemko Medan adalah memberdayakan ekonomi umat melalui masjid mandiri.

Dengan demikian, masyarakat kurang mampu disekitar masjid perlahan-lahan ekonominya akan bangkit,” ujar Hasan.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *