Pelaku UMKM Rasakan Kehadiran Kesawan City Walk. Penjualan Meningkat

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Program Wali Kota Medan Bobby Nasution Kesawan City Walk (KCW) tampaknya membuahkan hasil positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Terlihat dari kebahagiaan para pegiat UMKM KCW saat mengungkapkan pendapatannya meningkat tajam selama berdagang di pusat kuliner itu.

“Saya, mewakili para pedagang di KCW mengucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota yang sangat peduli kepada UMKM yang diwujudkan dengan memberi lokasi berjualan sangat baik dan strategis seperti ini.

Apalagi di tengah pandemi saat ini bantuan yang diberi Pak Wali Kota sangat berarti.bagi kami,” kata Kentunk pemilik stand menjual Taichan Jajan Kentunk.

Kata Kentunk, grafik penjualan sejak hari pertama dilaunching menunjukkan peningkatan tajam.”Alhamdulillah, sejak hari pertama hingga saat ini penjualan kita naik 20%. Kita harapkan penjualan terus meningkat. Semoga pandemi segera berakhir, sehingga warga yang datang lebih banyak lagi dan penjualan kita bisa lebih tinggi lagi,” tuturnya.

Kebahagiaan juga dirasakan salah satu pria berjulan minuman jenis float. Meski tidak menyebut persentasenya, tapi pria yang berjualan mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB itu mengaku dagangannya juga mengalami kenaikan.

“Sejak KCW di launching Pak Wali Kota, pendapatan kami lumayan meningkat. Setiap malam, warga yang datang juga lumayan banyak. Kami berharap KCW semakin ramai dikunjungi masyarakat. Tentunya ini berimbas dengan pendapatan kami,” ungkap pria memakai topi hitam tersebut.

Keseriusan Bobby Nasution dalam mengembangkan pasar bagi produk UMKM Kota Medan hingga saat ini terus ditingkatkan.

Diketahui, beberapa waktu lalu, dukungan dan apresiasi juga disampaikan Bobby Nasution pada perhelatan Pemasaran Produk UMKM yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM di Ground Floor Manhattan Times Square, Rabu (7/4/2021).

Diharapkan selain kegiatan ini, dilakukan juga upaya-upaya lain yang dapat mengembangkan pasar bagi produk UMKM Kota Medan.

“Kita ingin pelaku usaha mikro naik menjadi kecil, yang kecil naik jadi menengah, yang menengah jadi besar.

Ini harus kita capai,” ujar Wali Kota pada acara parhelatan itu.”

Pengamat Ekonomi sekaligus Pegiat UMKM Dr.Syafrizal Helmi Situmorang SE,M.Si  menyebut, program Wali Kota Medan Bobby Nasution Kesawan City Walk (KCW) merupakan program yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi mikro bila dikelola secara baik dan benar.

KCW bisa menjadi icon Kota Medan.

“Memberdayakan UKM dalam KCW. berarti kita melakulan heritage marketing atau heritage branding. UKM yang ada disitu tidak boleh UKM terlalu umum, karena KCW itu harus menjadi icon Kota Medan,” kata Helmi saat diwawancarai melalalui telepon, Senin (12/4/2020).

Juga bisa sebagai pusat oleh-oleh, menjadi destinasi oleh-oleh bagi orang diluar Medan. Selain Merdeka Walk, Kesawan City Walk harus menjadi tulang punggung atau icon UKM Kota Medan,” sebut dosen FEB USU itu. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *