Momentum HUT Ke-15 Kabupaten Batu Bara Jadikan Motivasi dengan Karya dan Prestasi

  • Bagikan

membaranews.com (Batu Bara)

 

Momentum HUT Ke-15 Kabupaten Batu Bara Tahun 2021 harus disyukuri dan dijadikan sebagai motivasi untuk mengisi hari-hari kedepan dengan karya dan prestasi. Sekaligus bersama-sama menyukseskan program-program pembangunan.

Hal itu diungkapkan Bupati Batu Bara Ir Zahir, MAP saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batu Bara dalam agenda HUT Ke-15 Kabupaten Batu Bara Tahun 2021 di Gedung DPRD Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara, Rabu (8/12/2021).

Menurut Zahir,pandemi Covid-19 memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian global, nasional dan berdampak pada perekonomian daerah tidak terkecuali di Kabupaten Batu Bara.

Tahun 2019, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batu Bara 4,35 % sedangkan tahun 2020 menurun menjadi -0,31 %, akibat dampak pandemi Covid-19. Sementara angka indeks pembangunan manusia tahun 2019 sebesar 68,35 %, meningkat 0ada tahun 2020 menjadi 68,36 %. Sedangkan angka kemiskinan tahun 2019 sebesar 12,14 % berhasil diturunkan pada tahun 2020 menjadi 11,88 %. Untuk tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2019 sebesar 6,69 % dan tahun 2020 menurun menjadi 6,48 %.

Memang berbagai upaya pencapaian visi misi Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus dilakukan secara berkelanjutan. Seperti pemenuhan kebutuhan dibidang kesehatan, pendidikan, sosial, peningkatan kualitas infrastruktur jalan, bangunan, irigasi dan pemberian bantuan sarana prasarana produksi.

Dibidang kesehatan, pemenuhan atas layanan yang dilakukan antara lain, penyediaan sarana prasarana kesehatan, seperti ; obat-obatan, alat kesehatan, pemberian tambahan makanan, vitamin, pembinaan dan pelatihan kesehatan.

Dalam situasi pandemi Covid-19, telah dilakukan program vaksinasi kepada tenaga kesehatan, pelayanan publik, masyarakat, lansia dan remaja/pelajar. Jumlah total peserta vaksinasi pertama sebanyak 218,348 jiwa, total vaksinasi kedua sebanyak 147,263 jiwa.

Dibidang pendidikan, pemenuhan atas layanan dilakukan antara lain, peningkatan sarana prasarana pendidikan, seperti ; pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas baru, pembangunan ruang guru dan pembangunan ruang ramah anak. Selain itu, pemberian bantuan kepada guru dan bantuan sosial kepada mahasiswa.

Dibidang sosial, pemenuhan atas pelayanan dilakukan antara lain, melakukan program rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial serta pemberdayaan sosial, seperti ; pemberian peralatan usaha dan penyediaan alat bantu bagi penyandang disabilitas, mengoptimalkan fungsi rumah singgah, meningkatkan pelayanan terhadap layanan data dan pengaduan penerima bantuan sosial dengan fasilitas mobil layanan data keliling melalui aplikasi sistem bantuan dan informasi kesejahteraan sosial.

Selain itu tersedianya ruang layanan dan pengaduan, pemberian bantuan bagi keluarga veteran, pemberian bantuan logistik bagi korban bencana, penyediaan mobil dapur umum bagi korban bencana serta pembinaan kepada pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK).

Penambahan, peningkatan layanan kualitas infrastruktur jalan, diarahkan pada kawasan potensi ekonomi dalam rangka memperlancar transportasi dan perekonomian daerah.

Untuk panjang jalan kabupaten dalam kondisi mantap ditahun 2020 sebesar 72,09 % dan ditargetkan pada tahun 2021mencapai 74 %.

Khusus rencana pembangunan komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Batu Bara, saat ini tahapan yang dilakukan adalah pengadaan tanah yang merupakan areal HGU PT Socfindo dan telah memasuki tahap final. Pemerintah Kabupaten menargetkan pembangunan komplek perkantoran mulai direalisasikan pembangunannya pada tahun 2022 mendatang.

“Diusia yang ke-15 tahun, tentu masih banyak hal harus dilakukan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang dimiliki secara profesional didukung peran serta seluruh stakeholder,” ujar Zahir. (R/Zul)

 

Teks Foto :

Bupati Batu Bara Zahir memotong nasi tumpeng usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam agenda HUT Ke-15 Kabupaten Batu Bara Tahun 2021. (Ist).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *