Mendagri Apresiasi Tingginya Realisasi Anggaran Pemprov Sumut

  • Bagikan

membaranews.com. (Medan)

 

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian memberi apresiasi kepada Pemprov Sumatera Utara atas capaian realisasi belanja daerah dengan persentase sebesar 49,30% dari total belanja daerah dan melampaui angka persentase realisasi belanja daerah provinsi secara nasional sebesar 40,29%.

Apresiasi disampaikan Mendagri Tito Karnavian kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Surat Mendagri bernomor 903/4304/SJ tertanggal 12 Agustus 2021.

“Bersama ini disampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas pencapaian realisasi belanja daerah dengan persentase sebesar 49,30% dari total belanja daerah serta melampaui angka persentase realisasi belanja daerah provinsi secara nasional sebesar 40,29%,” sebut Mendagri Tito Karnavian dalam surat tersebut.

Apresiasi ini merupakan penghargaan diberikan kepada Pemprov Sumut   telah mendukung kebijakan Pemerintah percepatan realisasi belanja daerah dalam APBD Tahun Anggaran 2021 sebagaimana Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/3687/SJ tanggal 28 Juni 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan APBD TA 2021 Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi.

Pemprov Sumut diharapkan tetap konsisten dan berkesinambungan dalam mempertahankan laju capaian realisasi pendapatan dan belanja daerah dalam APBD untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujar Mendagri.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Mendagri atas capaian realisasi APBD Sumut 2021. Menurut Gubernur, sejak awal tahun, Pemprov Sumut terus berupaya mendorong percepatan realisasi APBD. Antara lain dengan melakukan percepatan proses pengadaan barang/jasa dan penyerapan anggaran.

Selain untuk mempercepat pembangunan daerah, menurut Gubernur, realisasi anggaran daerah juga diharapkan menjadi stimulus bangkitnya perekonomian daerah di tengah pandemi Covid-19.

“Kita terus lakukan percepatan realisasi anggaran, selain untuk mempercepat pembangunan juga diharapkan menjadi stimulus bagi perekonomian daerah,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, Jumat (13/8/2021).

Selain untuk pembangunan daerah, sebagian anggaran daerah juga digunakan untuk penanganan Covid-19. Antara lain untuk penyediaan fasilitas perawatan pasien Covid-19 hingga bantuan sosial untuk masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto juga menyampaikan apresiasi atas capaian Pemprov Sumut . “Kita mengapresiasi atas capaian serapan anggaran Pemprov Sumut pada Triwulan II mencapai 49,03%, di tengah-tengah pandemi Covid dan hantaman the second wave virus Covid-19,” ujarnya.

Hendro berharap , dengan capaian tersebut bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Sumut. Sebagaimana target prioritas pembangun dari Pak Gubernur dan Wakil Gubernur, bisa memenuhi capaian prioritas pembangunan  Sumut,” ujar Hendro.

Apresiasi juga disampaikan Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD Sumut Rusdi Lubis. Menurutnya meski ditengah hantaman pandemi Covid-19, Pemprov Sumut tetap mampu menunjukkan kinerjanya. Dia berharap, prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *