Kadisdik Ilyas : Operator Sekolah Garda Terdepan Dalam PPDB Online

  • Bagikan

membaranews.com (Batu Bara)

 

PPDB Online di masa Pandemi Covid-19 sangat tepat karena mengharuskan kita mengurangi kontak fisik, berkerumun dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, mengurangi aktifitas diluar rumah, menjaga jarak.

Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus kepada awak media usai mengamati proses PPDB Online di UPTD SMP Negeri 1 Dt. Lima Puluh Kecamatan Dt. Lima Puluh , Jumat siang, (25/6/2021) mengatakan, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 menjadi perhatian Bupati Zahir. PPDB Online sudah dimulai 21 Juni 2021 melalui empat jalur pendaftaran sesuai Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMA , SMK dan merujuk Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPDB TP 2021/2022.

Empat jalur tersebu, jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/ wali dan prestasi (khusus SMP).

Jalur zonasi memiliki banyak manfaat seperti mendekatkan siswa dengan lingkungan sekolah, pemerataan akses pendidikan, kondisi kelas heterogen, peningkatan kapasitas guru, peningkatan SPM dan PPK, menghilangkan praktik jual-beli kursi dan pungli hingga menjadi alat ukur intervensi pemerintah Pusat dan Pemda.

“PPDB Online bertujuan memudahkan orangtua/wali siswa mendaftar dimana saja, kapan saja, darimana saja secara online 24 jam tanpa harus mendaftar secara fisik ke sekolah yang dituju serta dimudahkan dengan bisa memilih dua sekolah pilihan sekaligus,” ujar Ilyas.

Alhamdulillah perjalanan PPDB Online memasuki hari kelima semua proses berjalan lancer. Pada level sekolah, saya melihat para operator mengoperasikan web PPDB online dengan baik karena mereka umumnya generasi melenial memahami IT dengan baik alias tidak gaptek.

Operator Sekolah (OPS) orang yang diberikan peran dan tugas sebagai tenaga teknis pada aplikasi PPDB daring di level sekolah untuk melakukan validasi dan memeriksa kesiapan data awal untuk aplikasi tingkat sekolah dan juga kadang kala petugas operator membantu para orangtua/wali yang masih membutuhkan bantuan dalam pemanfaatan Aplikasi PPDB Online.

Karena itu, OPS garda terdepan dalam proses PPDB Online melayani, membantu dan memberikan informasi kepada masyarakat pendaftar, sebut Ilyas.

Kecepatan kerja Operator dapat mempengaruhi jumlah peserta didik baru karena setiap calon peserta didik baru boleh memilih lebih satu sekolah tujuan, makanya kecepatan memvalidasi calon siswa sangat mempengaruhui jumlah peserta didik baru. (Rul/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *