Bupati Tapsel Lantik Dua Kepala Desa

  • Bagikan

membaranews.com (Tapanuli Selatan)

 

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu melantik dua Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) di ruang lobi Kantor Bupati Tapsel Sipirok, Senin (30/8/2021).

Pelantikan berdasarkan SK Bupati Tapsel Nomor : 188.45/543/kpts/2021 tanggal 23 Agustus 2021. Keduanya adalah Musfa Gani Hasibuan sebagai Kepala Desa Sibongbong Kecamatan Angkola Selatan dan Azwar Anas sebagai Kepala Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muaratais.

Bupati Dolly Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, saat ini tugas Kepala Desa dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan semakin berat Kepala Desa pada masa kini harus berjiwa melayani bukan malah dilayani masyarakat.

“Sebagai kepala pemerintahan di desa, Kepala Desa yang baik itu menguasai tupoksi secara baik dalam menjalani tugas,” ujar Dolly Pasaribu.

Selaomin itu, Kepala Desa yang berminat untuk terus belajar, menguasai perundang-undangan dan tugas pokok sehingga diharapkan nanti mampu memimpin rakyatnya.

Kepala Desa juga harus mampu menguasai data terkait potensi yang dimiliki desa, baik berupa peluang, hambatan maupun tantangan.

Menurut Dolly, Kepala Desa memegang peranan penting dalam pemerintahan sebagai perpanjangan tangan pemerintah atasan dan harus peka terhadap segala persoalan sosial di wilayah masing-masing. Kepala Desa menjaadi orang pertama yang paling tahu persoalan di desa. Karena itu, Kepala Desa harus dapat menjadi fasilitator bagi persoalan warga.

“Minimal Kepala Desa melapor ke dinas terkait jika ada suatu persoalan yang dianggap sangat penting atau dapat melapor langsung ke saya,”tegas Dolly.

Untuk mencapai itu semua kata Dolly, perlu pemikiran jernih dan sentuhan lembut dari seorang Kepala Desa sebagai ujung tombak guna menembus sampainya program Pemkab Tapsel ke masyarakat.

Dolly juga menyatakan, istri Kepala Desa sebagai penyokong kegiatan di desa agar mampu memberikan motivasi terbaik sehingga amanah yang diberi masyarakat dapat dijalankan dengan baik pula.

Bupati Minta semua pihak khusus Kepala Desa baru dilantik, bilaml menemukan persoalan walau semudah apapun, jangan kita anggap enteng sebab bisa berujung pada kelalaian. Selalu serius dan berkesungguhan dalam melaksanakan tugas sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat,” sebut Dolly.

Setelah penyerahan SK pelantikan Kepala Desa, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu juga melantik Ketua TP PKK Desa Sibongbong dan Desa Sorimanaon.

Rosalina menekankan pengurus PKK desa melakukan pembenahan organisasi dan menjalankan tugas-tugas dalam memberhasilkan 10 program pokok PKK. (Borneo)

 

Foto :

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu melantik Kepala Desa Sibongbong dan Kepala Desa Sarimanaon. (Ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *