Bupati Dolly Dukung Gerakan Tanam Pohon Program Revolusi Hijau

  • Bagikan
Bupati Tapsel Dolly Pasaribu bersama Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu menanam pohon durian Musang King di Desa Huta Ginjang, Minggu (26/2/2023). (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

 

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu memberikan apresiasi serta dukungan kegiatan Semarak HUT Ke-15 Partai Gerindra “Revolusi Hijau” Giat Menanam Pohon dirangkai dengan Pencanangan Desa Durian Huta Ginjang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel, Minggu (26/2/2023).

“Selamat Ulang Tahun Partai Gerindra, semoga tetap mengedepankan ekonomi kerakyatan,” ucap Bupati Dolly Pasaribu.

Dolly menyebut, kegiatan ini memiliki tujuan sama memberdayakan ekonomi masyarakat supaya lebih kuat pada akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat.

Saat ini kata Dolly, Pemkab sedang menggalakkan program pertanian terpadu. Itu sesuai kunjungan ke Kementerian Pertanian RI yang menyarankan mengunjungi Kabupaten Wonosobo dan Temanggung yang masyarakatnya petani dan memiliki program atau mengadopsi pertanian terpadu.

Selain itu, karena suburnya lahan di Tapsel maka Pemkab melanjutkan agar masyarakat memiliki kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Kami himbau masyarakat untuk memanfaatkannya sebaik mungkin karena ini akan menjadi manfaat besar bagi masyarakat,” sebut Dolly.

Kali ini Partai Gerindra hadir dengan bibit pohon durian jenis Musang King bernilai ekonomis tinggi dan membagikannya kepada masyarakat.

Selain menikmati pekarangan rumah dengan menanam pohon durian maka Desa Durian Huta Ginjang dalam lima tahun ke depan bisa memberikan kontribusi.

Ada 70% masyarakat Tapsel merupakan petani didukung dengan lahan yang subur,ujar Dolly.

Anggota Komisi XI DPR RI sekaligus Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Sumut H. Gus Irawan Pasaribu mengatakan, revolusi hijau sebagai penguat ketahanan pangan dengan tujuan ketahanan negara.

Sebelum melaksanakan revolusi hijau terlebih dahulu Partai Gerindra melaksanakan revolusi merah dan revolusi putih. Ini menjadi amanat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selalu berupaya menguatkan ketahanan pangan yang berimplikasi pada ketahanan sekaligus melestarikan lingkungan di tengah masyarakat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa Kabupaten/Kota se-Sumut, kata Gus Irawan.

Gus Irawan berharap, pohon durian Musang King yang diberikan kepada masyarakat bisa tumbuh subur.Jenis durian ini menjadi favorit dan nilai jualnya tinggi sehingga pasokan durian dari Tapsel bisa meningkat, ucap Gus Irawan.

Ketua Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumut Fadly Abdina mengatakan, banyak potensi dimiliki Desa Huta Ginjang seperti upaya untuk membangun Agro Wisata.

Membangun Desa Agro Wisata tidaklah mudah walaupun Pemkab Tapsel sudah membangun sarana untuk menunjang agar Huta Ginjang bisa menjadi Desa Agro Wisata.

Dibutuhkan dukungan semua pihak dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,kata Fadly.

Ridho Nasution penerima bibit durian mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Tapsel, Komisi XI DPR RI di Desa Huta Ginjang. ” Ini menjadi salah satu bukti bahwa Pemkab Tapsel dan Komisi XI DPR RI peduli dengan desa kami,” ujar Ridho.

Pembagian bibit durian satu pohon per satu rumah tangga menurut Ridho bisa meningkatkan visi misi Bupati Tapsel untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat Tapsel menjadi lebih sejahtera.

Sebelum pencanangan Desa Huta Ginjang sebagai Desa Durian, Bupati Tapsel bersama Komisi XI DPR RI beserta rombongan melakukan penanaman bibit durian Musang King dilanjutkan dengan penyerahan bibit durian kepada seluruh masyarakat Desa Huta Ginjang. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *