Technology Innovation Seminar (TIS) INALUM Untuk Perbaikan dan Pertumbuhan Perusahaan

  • Bagikan
Juara I, II, III Technologi Inovation Seminar (TIS) INALUM. (foto :mujakarya bakti)

membaranews.com(Batu Bara)

PT. Inalum menggelar  Technology Innovation Seminar (TIS) Ke-20  secara virtual melalui Teleconference Zoom di Ballroom Kantor INALUM Kuala Tanjung, Sumatera Utara.

Ada 3 tim inovator yang melakukan presentasi dan berkompetisi di hadapan Juri.  Lebih 400 audien terdiri dari Manajemen dan keluarga besar Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID), siswa/i  SMA dan SMK di sekitar perusahaan, dosen dan mahasiswa/i dari beberapa Universitas ternama di Sumatera Utara.

Group CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak berharap event inovasi ini dapat berkontribusi pada perbaikan dan pertumbuhan perusahaan. Sesuai tema TIS tahun ini yaitu Resilience and Growth, kita harus dapat bertahan di tengah kondisi sulit demi kemajuan di masa yang akan datang,ujar  Orias.

Direktur Pelaksana INALUM Oggy Achmad Kosasih mengungkapkan pencapaian INALUM hingga 260.000 ton Aluminium per tahun merupakan hasil dari komitmen dan keinginan kuat dari seluruh Insan INALUM.

Saya berharap semangat ini tetap ada dalam diri setiap Insan INALUM saat ini, jangan cepat puas dan terus mengembangkan teknologi yang telah dirancang secara independen atau kerjasama dengan pihak yang  berpengalaman, ujar Oggy.

TIS Ke-20 dibagi  dua sesi, yaitu sesi presentasi dan sesi inspirasi. TIS Ke-20  berhasil mengumpulkan 27 judul ide inovasi,kata Ketua Pelaksana TIS Edi Mugiono.

Seleksi panjang dilakukan sesuai dengan 5 kriteria penilaian yaitu orisinalitas, tingkat aplikasi, benefit, detail kajian dan struktur penulisan. Nanti  melalui rapat diputuskan 3 judul inovasi terbaik yang dapat dipresentasikan pada hari-H acara TIS,” sebut Edi.

TIS Ke -20 ada 5 dewan juri yang  menilai 3 inovasi yang dikompetisikan.  Yaitu Komisaris Utama INALUM Agus Tjahajana Wirakusumah, Direktur Pelaksana INALUM Oggy Achmad Kosasih, Direktur Eksekutif MMII, Ratih Amri, Kepala Direktorat Human Capital INALUM  Dwi Fatan Lilyana, Dekan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara  Seri Maulina.

TIS Ke-20  diselingi dengan kuis online bagi para audien dan sesi polling presenter terfavorit. Pada akhir sesi presentasi, hasil TIS Ke-20 diumumkan , dimenangkan  Reggy Zurcher dan Andika Putra dengan judul inovasi “Characteristic Impurities of Silicon Metal SI-441 as Additive Material to Produce Aluminium Foundry Alloy A356.2”.

Setelah sesi presentasi,  dilanjutkan  sesi kedua yaitu inspirasi oleh Arcandra Tahar  mantan Menteri ESDM dan sekaligus Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Arcandra memberi motivasi  anak-anak muda dapat terus melakukan inovasi. “Mulailah dengan membuat prototype inovasi yang sederhana, jika gagal, cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya sampai berhasil,” ujar Arcandra.

Komisaris utama PGN ini menutup sesi inspirasi  dengan kalimat pamungkas  “Start Doing, Stop Wishing”.

TIS merupakan agenda tahunan INALUM sejak tahun 2005, dimana inovasi-inovasi pegawai INALUM dipresentasikan tidak hanya secara internal tapi juga kepada seluruh keluarga besar MIND ID yaitu PT Antam, PT Bukit Asam, PT Timah, PT Freeport Indonesia serta stakeholder perusahaan.(mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *