Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 Rp.876,9 Juta

  • Bagikan

membaranews.com-( Batangtoru – Tapanuliselatan)  

Beasiswa Martabe Prestasi 2020 kembali disalurkan  PT. Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe kepada 200 orang pelajar berprestasi Tahun Ajaran 2020/2021.

Meski di tengah Pandemi Covid-19, program beasiswa ini tetap diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2017. Tahun 2020 ini total nilai beasiswa Rp 876,9 juta.

Direktur Operasional PTAR Darryn McClelland mengemukakan, pendidikan merupakan salah satu dari lima sektor utama sasaran program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Tambang Emas Martabe. Tujuannya untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa-siswi berprestasi dan berkomitmen tinggi yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

“Pada Tahun Ajaran baru ini, total penerima manfaat mencapai 200 siswa,151 orang diantaranya merupakan penerima manfaat baru, 49 orang lainnya adalah penerima manfaat lanjutan.

PTAR berkomitmen selalu memberikan nilai dan bertumbuh bersama seluruh pemangku kepentingan terutama masyarakat sekitar tambang.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan hal sangat penting. Kami ingin membantu siswa-siswi di Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi,” ujar Darryn McClelland.

Pada Tahun Ajaran 2020/2021 merupakan kali keempat PTAR menyelenggarakan program beasiswa Martabe Prestasi.

Perusahaan berharap dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa Martabe Prestasi  setiap tahunnya. Para penerima beasiswa dapat memotivasi siswa-siswi agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya dan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

Senior Manager Community PTAR Pramana Triwahjudi menjelaskan pemberian Beasiswa Martabe Prestasi dibagi menjadi beberapa kategori.

Kategori pertama :  Penghargaan Akademis. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa SD/Sederajat & SMP/ Sederajat. Manfaat dari Beasiswa kategori ini berupa bantuan perlengkapan sekolah dan atau tunggakan pembayaran ke sekolah dengan nilai maksimal Rp.500.000 bagi siswa SD/Sederajat dan Rp.750.000 bagi siswa SMP/Sederajat.
Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan.

Kategori Kedua : Beasiswa Berkelanjutan. Ditujukan bagi siswa SMA/Sederajat, mahasiswa D3 dan S1. Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan sekolah/kuliah dan tunjangan biaya hidup sebesar total nilai Rp. 3.000.000/tahun bagi siswa SMA/Sederajat sampai Kelas XII (dua belas) , Rp. 6.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri , swasta di wilayah Tabagsel sampai semester 6 (enam) ,

Rp. 6.000.000/tahun. Bagi mahasiswa S1  Perguruan Tinggi Negeri – Swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester 8 (delapan) , 

Rp. 12.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester 6 (enam).

Rp. 12.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi Negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester 8 (delapan).

Pramana merinci sejak 2017 hingga tahun ini, jumlah penerima Beasiswa Martabe Prestasi sudah mencapai 721 orang.Total nilai beasiswa lebih Rp. 2 Miliar.

Tahun 2020 ini, Kategori Penerima Penghargaan Prestasi Akademis Beasiswa Martabe Prestasi 2020 sebanyak 84 orang pelajar SD/sederajat dan 37 orang pelajar SMP/sederajat.

Untuk Kategori Penerima Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Beasiswa Martabe Prestasi 7 orang pelajar SMA/sederajat, 9 orang SMA Negeri 2 Plus Sipirok,5 orang mahasiswa  di wilayah Tabagsel dan 9 orang mahasiswa di universitas di wilayah non Tabagsel.

Hal membanggakan dari program beasiswa tahun 2020 adalah peningkatan jumlah secara signifikan untuk siswa-siswi yang diterima di SMA Plus Sipirok Yakni, 9 orang dari tahun 2019  yang hanya 2 orang.Untuk mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri tingkat nasional juga mengalami peningkatan.

Seluruhnya para pelajar telah lolos beberapa tahapan seleksi ketat yang kami lakukan. Kami berharap penerima beasiswa dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan menjadikannya pendorong untuk pencapaian pendidikan yang lebih baik,” tambah Pramana.

Selain program Beasiswa Martabe Prestasi, PTAR sepanjang tahun lalu juga memiliki berbagai program lainnya di bidang pendidikan.

Diantaranya  pengoperasian Taman Baca Anak (TBA), memfasilitasi kreativitas dan pembangunan karakter anak di Sopo Daganak, merenovasi fasilitas sekolah, pemberian bantuan komputer, serta mendukung pelestarian kebudayaan dan musik tradisional lokal. (rul)
 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *