Peningkatan Mutu Pendidikan Perlu Didukung Orang Tua Siswa

  • Bagikan

membaranews.com-(Batubara)

Rencana kerja sekolah menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Tentunya berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan  termasuk ketersediaan sarana prasarana.

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus dihadapan Kepala UPTD SMP se Kabupaten Batu Bara pada Sosialisasi Penyusunan / Laporan ARKAS Dana BOS Satuan Pendidikan 2020/2021  bersama Ketua MKKS SMP Tobok Situmorang di UPTD SMPN 1 Talawi Kabupaten Batu Bara, Sabtu (26/09/20)

Menurut Ilyas,  sosialisasi harus mampu menggambarkan dan menjamin tujuan dan sasaran sekolah dapat tercapai dan menjamin keterkaitan antara perencanaan penganggaran pelaksanaan pelaporan dan pengawasan serta mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Selain itu menjamin penggunaan sumber daya sekolah yang ekonomis efisien, efektif,berkeadilan dan berkelanjutan.

Oleh karenanya sekolah perlu menyusun perencanaan dan laporan  agar memberi kontribusi terhadap perkembangan kualitas belajar mengajar berkesinambungan melalui proses perencanaan evaluasi dan review serta mengidentifikasi secara tepat apa yang harus dicapai.

Dengan begitu dapat memberikan gambaran tentang siapa, apa, kapan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut, ujar Ilyas

Mantan Kepala Biro Humas Protokol Provsu ini  mengatakan, pembentukan tim penyusun ARKAS, pembekalan dan orientasi bagi tim penyusun ARKAS  maupun RKAS perlu dilakukan mulai dari diskusi – diskusi.

Sehingga diketahui kondisi sekolah bagaimana dan program indikatornya serta  indikator kinerja. Termasuk bagaimana bentuk kegiatan.

Hal ini perlu diketahui  orangtua peserta didik sehingga perlu disosialisasikan kepada pemangku kepentingan dalam rangka menghasilkan rencana kerja sekolah.

Disdik juga perlu mendapat masukan guna memberhasilkan pendidikan di Kabupaten Batu Bara. Dinas Pendidikan dan jajarannya tetap konsisten melaksanakan tugas dan fungsi untuk membantu kepentingan anak-anak didik,tegas Ilyas.

Berkaitan  bantuan Kemdikbud Kartu Internet Gratis, Kadisdik minta pihak sekolah terus menyampaikan layanan belajar yang dapat diakses anak-anak  dalam membantu pembelajaran daring.

Ada  Aplikasi dan website Aminin, Aplikasi dan website Ayoblajar, Aplikasi dan website Bahaso, Aplikasi dan website Birru, Aplikasi dan website Cakap, Aplikasi dan website Duolingo, Aplikasi dan website Edmodo, Aplikasi dan website Eduka system, Aplikasi dan website Ganeca digital, Aplikasi dan website Google Classroom, Aplikasi dan website Kipin School 4.0, Aplikasi dan website Microsoft Education, Aplikasi dan website Quipper, Aplikasi dan website Ruang Guru, Aplikasi dan website Rumah Belajar, Aplikasi dan website Sekolahmu, Aplikasi dan website Udemy, Aplikasi dan website Zenius dan Aplikasi WhatsApp

Ini perlu diketahui orangtua siswa  agar memberi dukungan pembelajaran di rumah.
Ada juga surat edaran, panduan, kumpulan informasi, video, dan infografik yang dapat membantu edukasi pencegahan  Covid-19.
(mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *