Kasus Positif Covid-19 Di Sumut Bertambah 4.193 Orang. Masyarakat Diminta Ringankan Beban Tenaga Medis Dengan Disiplin Protokol Kesehatan

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

Kasus Covid-19 di Sumut mengalami peningkatan. Data per 3 Agustus 2020, kasus konfirmasi positif Covid-19 bertambah 56 orang menjadi 4.193 kasus, suspek bertambah 38 orang menjadi 498 kasus, meninggal bertambah 2 orang menjadi 204 kasus. Namun kesembuhan juga bertambah 39 orang menjadi 1.652 kasus.

“Covid-19 bisa dilawan dengan cara gotong royong dan komitmen secara total  pemerintah dan masyarakat. Pemerintah punya komitmen, masyarakat pun punya komitmen baik tingkat desa hingga keluarga tapi harus dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya sebagian orang.

“Dengan semangat gotong royong dan saling melindungi kita pasti bisa mengatasi pandemi Covid-19”, kata Jubir GTPP Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah , Senin (03/08/2020).

Kita mengambil pelajaran dari meninggalnya petugas medis diantaranya salah seorang dokter yang bertugas menangani pasien Covid-19 Dr. Andhika Kesuma Putra yang mendedikasikan dirinya untuk merawat para pasien Covid-19.
Dr. Andhika meninggal dunia 1 Agustus 2020, karena terpapar Covid-19.

Dr. Andhika  salah satu dokter spesialis paru memiliki karier cemerlang di Sumut. Selama pandemi dia pernah bertugas di Rumah Sakit (RS) GL Tobing dan bertugas di RS Colombia Asia.

Almarhum selama masa pandemi Covid-19 mendedikasikan dirinya membantu percepatan penanganan Covid-19 di Sumut. Dia melakukan perawatan langsung kepada pasien yang terpapar Covid-19,” kata Aris saat live streaming di Media Centre GTPP Covid-19 Sumut Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut.

Aris minta  masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, karena cara paling ampuh untuk menghambat penyebaran Covid-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dapat mengurangi beban tugas tenaga medis dalam melakukan perawatan pasien Covid-19.

Selain menyuci tangan teratur, menggunakan masker, menjaga jarak, meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat diminta tetap mengurangi interaksi/kontak dengan orang lain.

Masyarakat segera mandi setelah beraktivitas di luar dan berganti pakaian sebelum berinteraksi dengan keluarga.(rul)  

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *