Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus : Setiap Anak Punya Potensi

  • Bagikan

*Anak perlu perhatian, perlu pengakuan , perlu diapresiasi.

membaranews.com-(Batubara)

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Arsyad Lubis minta anak-anak peserta seleksi Kompetensi Sains Nasional ( KSN ) Kabupaten Batu Bara tetap menjunjung sportivitas dalam berlomba.

“Juara itu penting, tetapi lebih penting adalah menjadi yang terbaik dalam diri kita, keluarga, masyarakat, bangsa dan bernegara”, kata Plt. Kadis Pendidikan Sumut melalui Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus saat menyampaikan bimbingan sekaligus membuka kegiatan seleksi Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) atau sebelumnya dikenak Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) Tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Upacara SMAN 1 Limapuluh Kabupaten Batu Bara, Selasa (10/3)

Menurut Ilyas, setiap anak pada dasarnya memiliki potensi masing-masing. Potensi itu akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila digali dan dibina dengan sungguh sungguh. Ini tugas kita bersama, baik Dinas Pendidikan maupun sekolah beserta para bapak ibu guru.

“Peserta didik kita perlu perhatian, perlu pengakuan, perlu diapresiasi dari orang terdekatnya yaitu kita semua, ujar ilyas.

Kadisdik Kab. Batubara Ilyas Sitorus

Seleksi KSN adalah kegiatan rutin diselenggarakan setiap tahun, bukan kegiatan musiman/dadakan. Seleksi merupakan kegiatan lomba yang cukup mudah diantisipasi persiapannya oleh setiap sekolah, sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Ilyas memberikan pernyataan, “Mungkinkah salah satu anak didik kita dari Kabupaten Batu Bara mampu menjadi juara KSN ? Jawabnya ‘sangat mungkin’.

Ditegaskannya, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, menganugerahkan otak yang cerdas tidak hanya kepada anak-anak kota, tetapi juga kepada anak-anak kita yang lahir, hidup dan dibesarkan di pedesaan seperti kita di Batu Bara ini.

Karenanya, Ilyas terus menggugah semangat peserta seleksi. Pengalaman lomba selama ini menunjukkan bahwa tidak setiap pemenang KSN (OSN ) adalah anak-anak yang berasal dari perkotaan. Juga tidak semua anak anak yang secara fisik seperti anak anak kebanyakan. Anak-anakku kita hendaknya mampu membangun optimisme dan belajar sungguh-sungguh serta bekerja keras dan jangan lupa berdo’a, ucap Ilyas.

Peserta Seleksi KSN di ikuti 27 SMA/MA dengan perincian 22 SMA dan 5 MA. Jumlah peserta seleksi 408 orang peserta didik se Kabupaten Batu Bara meliputi 9 bidang keilmuan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi.(bento)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *