Edy Rahmayadi Kerahkan ASN Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Pasar dan Pusat Perbelanjaan. Seminggu Terakhir Positif Covid-19 Meningkat 352 Orang

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

 
Menyikapi peningkatan penyebaran Covid-19 di Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengerahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajarannya agar mengoptimalkan sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat.

Target utama sosialisasi adalah pasar tradisional dan modern di Medan dan sekitarnya termasuk dalam daerah zona merah.

Peningkatan kasus positif Covid-19 di Sumut melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir. Satu Minggu terakhir peningkatan kasus positif Covid-19 mencapai 352 orang. Sebagian besar kasus positif Covid-19 berada di Kota Medan.

“Sesuai arahan dan surat Gubernur, semua OPD dikerahkan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan masker kepada masyarakat secara langsung. Yang menjadi targetnya adalah pasar di sekitaran Kota Medan.

“Pasar salah satu tempat yang rentan terjadi penyebaran Covid-19,” kata Sekda.Provinsi Sumut R.Sabrina di Posko GTPP Covid-19 Sumut,Senin (29/09/2020).

ASN diminta peran aktif nya mengimbau masyarakat agar membatasi kegiatan di luar rumah, memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, tidak memegang wajah sebelum cuci tangan, tidak membawa anak-anak ke tempat keramaian.

Saat ini bagian terpenting melawan Covid-19 adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk mencegah Covid-19.

Kekuatan terbesar melawan Covid-19 adalah partisipasi masyarakat mencegah penyebaran Covid-19, kesadaran masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam melawan Covid-19. “Ini salah satu cara Pemprov Sumut untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat,” tegas Sabrina.

Menindaklanjuti instruksi Gubernur Edy Rahmayadi. Biro Humas dan Keprotokolan bersama Biro Administrasi Pembangunan melakukan sosialisasi secara serentak mulai, Senin (29/6).

Sun Plaza Jalan KH Zainul Arifin Nomor 7, Medan salah satu target sosialisasi protokol kesehatan Covid-19.

Biro Humas dan Keprotokolan membagikan masker, hand sanitizer, face shield secara gratis kepada para petugas dan pengunjung Sun Plaza. Sekaligus mengingatkan para pengunjung yang membuka maskernya saat berada di Sun Plaza, agar tetap mengenakan masker.

“Kita bagik masker, hand sanitizer, face shield gratis terutama kepada petugas-petugas yang ada di mall ini.

Kita berkeliling untuk memastikan pengunjung menaati protokol kesehatan, bila ada yang melanggar seperti membuka masker kita ingatkan,” kata Kepala Biro Humas dan Keprotkolan Hendra Dermawan Siregar didampingi Kabag Pelayanan Media dan Informasi Fahri Azhari.

Kegiatan sosialisasi yang melibatkan Satpol PP ini ditargetkan berjalan satu bulan. Minggu pertama targetnya pusat perbelanjaan modern maupun tradisional.

“Ini tahap pertama, kita lakukan satu minggu dengan target pusat perbelanjaan karena tempat-tempat ini yang ramai dikunjungi masyarakat.

Selanjutnya kita evaluasi dan membenahinya bila ada kekurangannya. Minggu berikutnya kita tentukan lagi dimana kita sosialisasi.

Dengan begitu , kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan semakin meningkat,” kata Kepala Satpol PP Provsu Suryadi Bahar kepada wartawan.

 Sosialisasi dilaksanakan secara serentak seluruh OPD Pemprov Sumut di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan.

Masing-masing OPD membagikan 5.000 masker, hand sanitizer dan face shield. Seperti BPKAD di Plaza Medan Fair, Dinas Pendidikan di Pasar Hindu Jalan Hindu, Inspektorat di Pasar Pringgan Jalan Iskandar Muda, Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Pasar Timah di Jalan Timah.(rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *