Dr. Muryanto Amin Terpilih Menjadi Rektor USU

  • Bagikan

membaranews.com(Jakarta)

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara  (Fisip USU) Dr. Muryanto Amin  terpilih menjadi Rektor USU periode 2021-2026. Dia bakal menggantikan Prof Runtung Sitepu, SH, M.Hum dari Fakultas Hukum USU.

Muryanto unggul dibanding dua calon Rektor lainnya, Prof Farhat dan Prof Arif Nasution. Muryanto meraih 18 suara atau 57,75% dari total suara yang diperebutkan.

“Betul, kata Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbid)  RI Nizam menjawab wartawan usai pemilihan di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Sebelumnya, ada enam orang calon Rektor USU yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dua orang kemudian mundur dari proses penjaringan. Mereka adalah Prof M Fidel Ganis Siregar dan Dr Muhammad Sontang Sihotang, S.Si, M.Si.

Menurut Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti, keduanya mundur karena alasan pribadi. Elvi menyebut Fidel dan Sontang mundur sebelum proses audisi calon Rektor USU.

“Restu Pencawan juga sempat mengajukan pengunduran diri dari proses penjaringan, namun ditolak karena dinilai melewati waktu yang ditentukan,” ujarnya.

Restu merupakan pengurus Golkar Sumut. Dia menjabat Wakil Sekretaris Pemenangan Pemilu Wilayah II.  (rul/km)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *