Dinkes Batubara Rapat Kordinasi Persiapan Vaksin Covid-19

  • Bagikan

membaranews.com-(Batu Bara)

Dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan berdasarkan Surat Keputusan Kemenkes RI Nomor HK.02.02/4/I/2021 tentang pelaksanaan teknis Vaksinisasi, Dinas Kesehatan adakan Rapat Koordinasi kesiapan dan kelengkapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Batu Bara.

Dalam rapat tersebut, diikuti oleh Kepala dan Pengelolah Pcare Puskesmas Se Kabupaten Batu Bara, Direktur RSUD, Kepala FKTP Polres Batu Bara, Kepala Klinik Tonkes Yonif 126/KC,  Direktur Inalum Healt Center, yang dilaksanakan di Aula Satgas Covid-19 Kabupaten Batu Bara, Kecamatan Lima Puluh Kota. Kamis, (28/01/2021).

Dalam arahannya Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara drg. Wahid Khusairi, MM menekankan pada aspek prinsip pelaksanaan Vaksinasi secara serentak dengan cakupan yang luas.

“Sehingga target 50% tenaga kesehatan dan pejabat publik sebagai penerima vaksin pada tahap pertama dapat tercapai. Dan tenaga kesehatan dapat dijadikan role mode bagi masyarakat dalam Vaksinasi Covid-19 yang aman dan halal di Kabupaten Batubara,” terang Wahid

Selain itu sebagai narasumber perwakilan BPJS Cabang Tanjung Balai dan BPJS Batu Bara yang memaparkan tentang Aplikasi Primari Care (Pcare) yang merupakan sistem aplikasi terintegrasi dengan sistem informasi satu data Covid-19.

Batu Bara akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yang menjadi fasilitas kesehatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, dan akan dilaksanakan tindak lanjut sebagai berikut.

Faskes Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 mempersiapkan tim pelaksana terdiri dari 7 orang pertim, dan SOP Pelaksanaan Vaksinasi. Faskes menghitung kebutuhan perlengkapan dan peralatan pendukung pelaksanaan Vaksinasi dan mengajukan permintaan pada Dinkes Batu Bara.

Selanjutnya pada tanggal 3 Februari 2021 pengambilan vaksin Covid-19 pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Sedangkan simulasi pelaksanaan Vaksinasi bertanggal 4 Februari 2021 ditingkat Kabupaten Batubara. Tanggal 5 Februari 2021 launching pelaksanaan Vaksinasi pada Forkopimda Batu Bara, Ormas, Organisasi Profesi Kesehatan, MUI, dan FKUB Batubara. Dan pada tanggal 6 Februari 2021 pelaksanaan Vaksinasi pada wilayah Faskes pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Batubara. (Zul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *