Di Batu Bara. Kolong Kantor Disulap Jadi Ruang ASI. Mendapat Apresiasi Dari Istri Bupati Batu Bara

  • Bagikan

membaranews.com-(Batubara)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE mengapresiasi langkah inovasi dan kreasi menyulap kolong Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara menjadi Ruang ASI.

Ny. Maya Zahir saat berkunjung ke Ruang Pojok ASI Dinas Pendidikan, Kamis (01/10/2020)  sangat surprise melihat fasilitas Ruang ASI yang dibuat di bawah kolong kantor Disdik Batu Bara.

Ruangan tertata rapi,  ada toilet, ruang beramain anak-anak,  fasilitas AC, sehingga bagi ibu-ibu muda yang menyusui bayinya merasa nyaman berada di Ruang ber-AC.

“Inovasi seperti ini patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi instansi dan kantor camat dan desa di Kabupaten Batu Bara”, ujar Ny. Maya Zahir yang meninjau Ruang ASI Disdik Batu Bara didampingi Kadisdik Ilyas Sitorus dan Kadis Koperindag dan UKM Kabupaten Batu Bara Ahmadan Chair usai menghadiri acara Pelatihan Pembuatan APD dan Masker dan serah terima mesin jahit kepada pelaku industri terdampak Covid-19 di Aula Disdik – Perupuk Batu Bara.

Saya bangga melihat pemanfaatan Ruangan ini. Sangat menginspirasi saya karena ini salah satu program TP-PKK Kabupaten Batu Bara agar di lingkungan perkantoran, perusahaan maupun di tempat umum ada disiapkan ruang pojok ASI/Laktasi seperti ini,tambah Ny. Maya Zahir.

Menurut Maya,  saya mengamati  keberadaan Pojok ASI atau Ruang Laktasi di tempat bekerja atau di tempat umum yang ada di Batu Bara,  baru Dinas Pendidikan di bawah kepemimpinan Pak Ilyas Sitorus yang ada. Saya sudah banyak jalan menghadiri kegiatan baik di kantor Desa, Kecamatan maupun Dinas, ya baru ini yang memikirkan Ruang Pojok ASI atau Laktasi bagi kaum ibu muda menyusui. Jadi saya berikan apresiasi

Ny Maya Zahir menyampaikan terimakasih kepada BRI Peduli yang membantu kenyamanan kaum ibu muda yang menyusukan bayi-nya.

Itu ada tulisan *Bantuan BRI Peduli*  Maya menunjuk bacaan yg ada di AC/Alat pendingin yang jumlahnya empat buah.

Saya harap ini dapat menjadi contoh bagi Kades, Camat, Kadis yang lainnya. Saya bangga kemampuan berinovasi. Teruslah berkarya demi kemajuan Batu Bara”, ujarnya Ny. Maya Zahir

Ny. Maya Zahir ini mengatakan,  ASI memiliki manfaat  sangat banyak bagi seorang bayi dan ibunya. Tidak hanya sebagai sumber nutrisi bagi bayi, ASI juga turut menjaga kondisi kesehatan bayi dan akan lebih mempererat kedekatan emosional antara ibu dan anak.

Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus menceritakan,  awalnya ruangan ini adalah lahan kosong. Bangunan utama kantor kita umumnya berkolong dan modelnya panggung.  Dibawahnya biasa  difungsikan sebagai arena parkir kendaraan pegawai maupun tamu.

Lalu saya ber-inisiatif agar ini bisa bermanfaat sekaligus mendukung program Ibu Ketua TP-PKK yang salah satu setiap kantor, perusahaan dan tempat umum menyediakan Ruangan Pojok ASI/Laktasi dan sekaligus memindahkan parkir kenderaan. Dan inilah hasilnya,ungkap Ilyas.

Dalam waktu dekat ruangan kosong ini akan ada arena bermain bagi anak-anak. Ada mainan bola-bola, ada plosotan dan lantainya akan kita lapis dengan rumput sentetis yang menambah kenyamaan anak-anak nantinya.

Disamping itu juga ruangan ini akan kita siapkan beberapa unit komputer dan wife sehingga tamu atau awak media bisa berselancar di ruangan ini.

Tapi tidak boleh ke ruangan sebelah, karena itu ruangan omak-omak yang manyusui, gurau Ilyas.

Alhamdulillah respon tamu atau ibu guru muda yang berurusan ke Disdik sangat baik dan ruangan ini setiap hari dipakai oleh tamu atau guru-guru yang berurusan ke disdik yang membawa anak bayi nya apalagi ada acara di Aula Disdik seperti saat ini pasti ibu muda yang membawa bayi-nya singgah ke ruangan ini,ujar  Kadisdik sambil menunjuk ke beberapa ibu-ibu muda yang sedang bersama babynya.

Ibu Juniar dan ibu Latifah dari Desa Sumber Padi Kecamatan Lima puluh yang membawa bayi-nya mengatakan , kami sonang sekali adonyo tompat menyusui begini. Sudahlah tompatnyo sojuk, elok, nyaman pulak lagi. Kami tadi banyak yang manyusui disini,  pokoknyo rame kami,  sampai tetidur anakku, ungkap  ibu Juniar.

Baru ini ado tompat manyusi anak yang disiapkan pemerintah di Batubaroni. Terimokasihlah kami samo Pak Kadisnyo. Paduli Kadistu  samo kami omak-omak mudo ini, tutur Latifah.(rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *