Cari Bibit, LPTQ Perkuat Kerjasama Pemkab/Pemko

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

Pencarian bakat dan potensi generasi muda di tingkat desa menjadi fokus Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi guna melahirkan bibit-bibit qori dan hafiz dalam pengembangan Tilawah Alquran.

“Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) diminta meningkatkan kerja sama dengan Pemkab/Kota untuk menelusurinya”, kata Edy Rahmayadi dalam Rakertas LPTQ Sumut di  Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut, Jalan Ngalengko Medan, Selasa (19/1/2021). Hadir dari LPTQ Pusat ustazah Husnul Khotimah, Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution, Kepala Kanwil Kemenag Sumut Syahrul Wirda, Bupati Batubara Zahir, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah, Sekda Langkat Indra Salahuddin, mewakili LPTQ Pusat Ustazah Husnul Khatimah.

Pengurus LPTQ harus fokus  mencari potensi pengembangan Alquran ke tempat-tempat yang tidak terjangkau selama ini tapi secara kualitas dan bakat memungkinkan untuk dilatih menjadi qori/qoriah, hafiz/hafizah dan lainnya.

Langkah itu bisa dilakukan secara non formal dan diteruskan secara formal oleh pemerintah setempat mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten/kota.

“Saya ikuti perkembangan LPTQ dan saya pelajari, Sumut harus punya ikon dalam melahirkan para qori/qoriah dan lainnya. Makanya dilakukan berjenjang dari dusun, desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten/kota,” ujar Gubernur.

Asren Nasution mengatakan, perhatian Gubernur terhadap LPTQ sangat luar biasa untuk mengangkat nama provinsi  di kancah nasional dan internasional.  Diantaranya  melalui musabaqah yang dibuktikan dengan pencapaian peringkat 3 besar MTQN 2018 dan 2019.

Bupati Batubara Zahir mengusulkan kepada LPTQ Sumut agar pelaksanaan STQH-MTQN tingkat Provinsi 2021-2022 dan 2022-2023 dilaksanakan Pematangsiantar dan Batubara.

Zahir mendukung pengembangan dan pembinaan musabaqah untuk menemukan dan membina generasi muda dan membawa nama Sumut di kancah nasional dan internasional.

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah mengusulkan  pelaksanaan STQH dan MTQN tingkat provinsi dilakukan kota Siantar.(rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *