Bupati Zahir Buka MTQ XIII Tingkat Kabupaten Batu Bara

  • Bagikan

membaranews.com-(Batubara)

MTQN XIII Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Batu Bara, Rabu (17/3) malam dibuka Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP di Lapangan Indrasakti Indrapura Kec. Air Putih dihadiri Wabup Oky Iqbal Frima, Ketua DPRD M. Syafii, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. SrI Marantika Beruh, Kajari Batu Bara Mulyadi Sajari, SH,Camat,Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir menegaskan, sebenarnya kita akan menunda MTQ XIII Tingkat Kabupaten Batu Bara berhubung virus corona Covid-19. Namun terpaksa kita laksanakan karena MTQ Propinsi akan dilaksanakan. Jika tidak, maka Batu Bara tidak ada utusan.

Dengan suasana keprihatinan akibat wabah Covid-19 maka kita tetap extra hati hati”, ujar Zahir saat membuka MTQ Tingkat Kabupaten Batubara.

Kita masih bisa datang ke tempat ini, tapi didaerah lain ada yang sakit oleh wabah Covid-19, kita berharap Batubara, Sumatera Utara dan Indonesia akan selamat dari wabah Covid-19,” harap Zahir.

Dia memerintahkan Kabag Kesra jangan terlalu banyak mengundang masyarakat, jangan terlalu berlama lama dilapangan ini. Pengunjung segera pulang dan jaga kebersihan dirumah dan ditempat kerja.
Sementara peserta musabaqah tetap berlomba.

Untuk mencegah penyebaran wabah, Pemkab Batubara telah merumahkan siswa tapi belajar dirumah.
Zahir mengakui ini kelihatan lebay, tapi dibanyak negara hal ini dilakukan untuk pencegahan. Sebagai pencegahan lainnya dilakukan pembersihan dirumah tempat tinggal dan tempat kerja, sebutnya.

Menyinggung Musabaqah, Zahir mengatakan Batubara termasuk gudangnya qori dan qariah. Tapi hendaknya orangnya tidak yang itu itu saja, harapannya tumbuh generasi baru.

” Jangan tahun depan sampai 10 tahun kedepan itu itu saja orangnya,” kata Zahir.

Bupati juga mengkritisi model acara yang setiap tahun hampir sama bentuk dekorasinya. Harus ada inovasi dibuat model terkini sehingga tidak bosan kita melihatnya,” ujar Zahir.

Ketua Panitia MTQ XIII Tingkat Kabupaten Batubara Asisten I Ruslan Heri melaporkan, MTQ XIII diikuti 12 kafilah berjumlah 226 orang peserta. Memperlombakan cabang tilawah, wirata sab’ah , Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, Khattil Quran, Makalah Ilmiah Al quran, satu cabang eksebisi hafalan hadits.

Berdasarkan pantauan membaranews, terlihat dilokasi MTQ disiapkan hand sanizer dibeberapa titik untuk mencegah virus Covid-19 , masker yang disebar habis, tapi tak semua pengunjung memakai masker.

Animo masyarakat menyaksikan MTQ menurun begitu juga kepala desa tampak sedikit hadir.

Ini bisa bisa disebabkan virus corona atau Covid 19 yang saat cukup menghantui masyarakat.(roz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *