Bupati Batubara Zahir : Tidak Ada Lagi Sekolah Akreditasi C di Batubara

  • Bagikan

*Ilyas Sitorus Serahkan Sertifikat Akreditasi A dan B Ke Sekolah

membaranews.com-(Batubara)

Berbagai program kegiatan yang dilaksanakan BAN S/M Provinsi Sumatera Utara, salah satunya adalah terakreditasinya sekolah di Kabupaten Batubara. Ini dibuktikan telah diserahkan Sertifikat Akreditasi kepada sekolah sekolah di Kabupaten Batubara.

Sertifikat Akreditasi kepada perwakilan SD, SMP diserahkan Ketua BAN S/M Sumut Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D, di SMPN 3 Air Putih Indrapura, Selasa (3/3)

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus mengatakan, Bupati Batubara, Ir. H. Zahir, MAP setelah mendengar masih ada sekolah di Batubara memperoleh Peringkat Akreditasi C meminta Kadisdik mencari tau kenapa hal itu terjadi. Tolong pelajari, kalau perlu lakukan pembinaan teknis dalam hal akreditasi sekokah tersebut.

“Hadirkan narasumber yang tepat untuk itu seperti BAN S/M “, kata Ilyas menuturkan harapan Bupati.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) bahwa Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Ilyas menyampaikan permohonan maaf karena pada jam yang di sama masih berada di sebuah kegiatan Pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) yang dilanjutkan dengan seminar tentang Merdeka Belajar Kabupaten Batu Bara.

Ilyas mengapresiasi atas perhatian para seniornya sekaligus sahabat-sahabat lamanya semasa di Kanwil/Dinas Pendidikan Provinsi Sumut sehingga nantinya tidak ada lagi SD, SMP Peringkat C di Kabupaten Batubara sebagaimana harapan Bupati.

Ketua BAN Sumut Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D di dampingi Drs. Hermansyur, M.Si, Mangasal Singarimbun, SH., Drs. Bahrizal, M. Pd., Riris Simamora, S.E., M. AP dan tim lainnya mengatakan, hasil kerja BAN-S/M yang merupakan jenjang sebuah Akreditasi satuan pendidikan sangat perlu diketahui masyarakat guna memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah yang bersangkutan.

Untuk itu saya ucapkan selamat kepada sekokah yang memperoleh predikat Akreditasi A dan B di kabupaten Batubaara, ujar Subhilhar.

Subhilhar berpesan kepada sekolah sekolah yang telah mendapat akreditasi segera mensosialisasikannya. Masyarakat perlu memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah.

Hasil akreditasi perlu disosialisasikan bersama sama oleh BAN-S/M dan BAP-S/M maupun sekolah yang bersangkutan kepada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dapat melalui media massa, website, dan media lainnya termasuk pada saat pertemuan dengan orangtua atau masyarakat luas, sebut Subhilhar.

Subhilhar menyambut baik dan mengapresiasi harapan Pak Bupati Batubara, Ir. H. Zahir, M AP yang merupakan sahabat baik saya sebagaimana yang di sampaikan Kadisdik Batu Bara.

Saya mendukung pak Ilyas yang akan melaksanakan pembimbingan secara teknis kepada sekolah khusus bagi sekolah yang masih memperoleh peringkat Akreditasi C dengan mengundang Tim BAN S/M Provinsi untuk membantu proses kelengkapan administrasi dan sejenisnya.

Kami juga ber berharap agar sekolah sekolah di Sumut peringkat Akreditasinya minimal B, kata Subhilhar pada acara dihadiri Dosen Unimed/Rektor Universitas Asahan (UNA) Pror. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. (bento)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *