Bupati Batubara, Zahir Musrenbangdes Menghimpun Aspirasi dan Harapan Masyarakat

  • Bagikan

membaranews.com-[Batubara]

Bupati Batubara, Ir. H. Zahir, MAP mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang untuk melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Tata Cara Perubahan Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah serta Surat Bupati Batubara Nomor 050 / 0223 Tanggal 13 Januari 2020 Perihal Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Musrenbang Desa / Kelurahan Tahun 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus saat membacakan- sambutan Bupati Zahir sekaligus membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa di Desa Sei Raja, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara,Kamis

Kepala Disdik Batubara Ilyas Sitorus menyampaikan sambutan pada Musrenbang Desa Sei. raja Kec. Medang Deras. (ist)

Pelaksanaan Musrenbangdes dan RKPD bertujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan melalui pembahasan dengan pendekatan teknokratis, partisipatif, bottom up planning,holistik, tematik, integratif dan spasial yang akan dirumuskan sebagai masukan dan saran terhadap RKPD Kabupaten Batubara 2021.

“Musrenbang desa merupakan sarana atau proses bermusyawarah didalam masyarakat yang ada di desa ini, untuk menentukan arah pembangunan, menggali informasi, menyatukan persepsi agar tersusun rencana yang tepat guna dan tepat sasaran serta berkelanjutan sehingga mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat”,ujar Bupati.

Dikatakan, Musrenbang desa adalah perencanaan program yang dilaksanakan lembaga publik, yakni pemerintah desa bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara ‘memotret’ potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia, baik dari dalam maupun luar desa”, ucapnya.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan lima program Presiden Joko Widodo tentang fokus pembangunan nasional 2020 – 2024, yaitu pembangunan sumber daya manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Adapun arah kebijakan pembangunan Batubara 2021 difokuskan untuk melanjutkan kesinambungan upaya-upaya pembangunan yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya. Selain itu, berfokus pada pengembangan industri, seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, industri kilang minyak dan petrokimia. Ini dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dan membuka peluang kerja, pemenuhan akses kualitas pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, infrastruktur perekonomian, sarana prasarana sosial, pemantapan industri kreatif masyarakat.

Bupati berharap kepala desa, ketua dan anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita,pemuka agama berperan aktif dalam Musrenbang desa, ujar Bupati.

Hadir pada Musrenbang, Kadis PMD Radiansyah, Plt. Kadis Ketahanan Pangan Azwar. (bbg)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *