Antisipasi Covid-19, Pemkab Batu Bara Alokasikan Dana Rp.15 Miliar

  • Bagikan

membaranews.com-(Batubara)

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP menegaskan, Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama Forkopimda serius dalam penanganan dan antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Batu Bara.

Demikian ditegaskan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, MAP didampingi Ketua DPRD M. Syafii SH, Sekda Sakti Alam Siregar, SH kepada Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmyadi dalam Video Conference dari Aula Rumah Dinas Tanjung Gading Batu Bara Sumut, Senin (6/4).

Video Conference dihadiri juga Kadis Kesehatan drg.Wahid Khusyairi, Kadis Kominfo Andri Rahadian, Kadis Sosial Ishak, S.Pd.

Zahir mengharapkan Gubsu Edy Rahmayadi membantu Pemkab Batu Bara berupa 5 unit ventilator dan 15 unit pasien monitor serta APD dokter spesialis dan kebutuhan masker yang sulit ditemukan di pasaran.

Zahir menjelaskan, Pemkab Batu Bara telah mengalokasikan anggaran APBD sebesar Rp.15 M untuk kebutuhan antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) , sekaligus telah menyiapkan SMK 1 Limapuluh sebagai Ruang Karantina bagi tenaga kerja Batu Bara yang pulang dari perantauan.

Fasilitas ini kata Zahir, merupakan izin Gubernur Sumatera Utara yang lokasinya berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Daerah sehingga pelayanan terhadap para tenaga kerja yang kembali ke Batu Bara lebih maksimal.

Zahir mengungkapkan, ODP di Kabupaten Batu Bara mencapai 220 orang dan telah melakukan penyelidikan epidemiologi (ep) sebanyak 22.619 orang di 12 kecamatan selain desa-desa tertentu seperti Desa Lalang, Pagurawan, Simpang Dolok, Pematang Panjang, Ujung Kubu, Kedai Sianam, Petatal.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam video conference bersama Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menjelaskan, wabah virus Corona (Covid-19) sama sekali belum mereda.

Kita mesti mengambil langkah-langkah konkrit dengan tetap menjaga jarak, jangan bosan menyampaikan kepada masyarakat untuk menghindari keramaian dan tetap menggunakan masker.

Saya faham, sarana dan prasarana sangat terbatas khusus APD. Karenanya, perlu perhatian dari kita semua untuk membantu tenaga medis agar dapat melakukan pelayanan terhadap masyarakat secara maksimal, ujar Edy.

Kita sudah persiapkan rumah sakit tempat rujukan apabila ada korban wabah virus corona (Covid-19) sesuai dengan SOP. Jika ada kesulitan segera informasikan kepada saya dan khusus untuk medis saya akan melakukan semaksimal mungkin. Kita saling berkoordinasi, saling memberi saran dan saling membantu, tegas Edy Rahmayadi.(rel/rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *