Aktivis Lingkungan Batu Bara Susuri Sungai Bersihkan Sampah

  • Bagikan

membaranews.com-(Batu Bara)

Aktivis lingkungan yang tergabung dalam wadah Semenanjung Lestari Pantai Timur (SLPT) Kabupaten Batu Bara terus melakukan gerakan peduli lingkungan.

Minggu kemarin (24/1/2021) , aktivis lingkungan yang dipimpin Ali Khumaini menyusuri sungai yang terbentang di Desa Suka Jaya Kec. Tanjung Tiram, Minggu (24/1/2021).

Gerakan peduli lingkungan bertajuk “Batu Bara bebas sampah” dilakukan bersama Kepala Desa Suka Jaya Fahrul Rozi dan perangkat Desa  dengan menyusuri sungai untuk membersihkan sampah-sampah yang hanyut di aliran sungai termasuk di belakang rumah warga.

“Kami kembali bergerak untuk membangun karakter masyarakat Batu Bara agar lebih peduli terhadap lingkungan, khusus pengendalian sampah/limbah rumah tangga agar Batu Bara Bebas dari sampah”, kata Ali Khumaini.

Memang,  untuk melakukan penyadaran terhadap masyarakat, tidak seperti membalik telapak tangan, namun usaha tetap terus dilakukan termasuk dukungan dan keterlibatan pihak-pihak terkait.

“Gerakan ini kita mulai dari desa sehingga desa-desa lain secara perlahan ikut  bergerak memberi edukasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Semua ini tidak akan berdampak apapun selama masyarakat tidak diedukasi untuk tidak membuang sampah ke sungai dan perlunya kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat. Dimulai dari Pemerintah Desa yang aktif terhadap gerakan bebas sampah dan menjalar ke lapisan terkecil yaitu rumah tangga yang tinggal di bantaran sungai, ujarnya.

SLPT tidak pernah bosan  mensosialisasikan dan mengajak masyarakat Batu Bara lebih perduli terhadap dampak dari membuang sampah/limbah rumah tangga secara sembarangan.

Kepala Desa Suka Jaya, Fahrul Rozi mengapresiasi SLPT yang  peduli terhadap lingkungan.”Salut buat pemuda-pemuda yang tergabung dalam SLPT , ternyata masih ada anak muda peduli  lingkungan.
Gerakan ini harus didukung, terus kembangkan sampai keseluruh kecamatan, ujarnya.(ZUL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *