Akad Nikah Putri Edy Rahmayadi Disaksikan Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

Dalam suasana sangat sederhana namun sakral dan religius, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menikahkan langsung putrinya dengan mahar 100 gram emas tunai.

Suasana Gubernuran Medan yang merupakan rumah dinas orang nomor 1 di Sumut itu tampak biasa-biasa saja, bahkan dekorasi prosesinya juga tidak begitu menonjol. Namun yang khas, semua hadirin memakai masker dan pelindung muka (face shield).

Pagi itu, Minggu (9/8), di tempat ini lah putri kedua gubernur melangsungkan pernikahannya dengan Saksi Nikah pihak keluarga wanita, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI. Saksi pihak pria, Ir. HN Irdiansyah.

Dira, panggilan akrab putri Gubsu dengan nama lengkap Siti Andira Rahmayana dengan pasangannya Arie Maulana Basri (Arie), juga kelihatan menikmati suasana sederhana ini. Mereka sepertinya tidak menganggap dirinya “raja dan ratu sehari” dari lingkungan “istana Sumut”.

Acara diawali dengan penyerahan mempelai pria oleh keluarga H Basri Muhammad dan Hj Maslina Pasaribu (orang tua Arie) kepada keluarga H Edy Rahmayadi dan Nawal Edy Rahmayadi Br Lubis (orang tua Dira).

Diiringi lantunan Shalawat, Gubsu dan isteri kemudian menggiring Arie ke meja pernikahan setelah mengalungkan untaian bunga melati kepada Arie, diikuti Tuan Kadhi dan kedua saksi nikah.

Setelah pembacaan Ayat Suci Al Quran dan lantunan Asmaul Husna prosesi pernikahan dipandu oleh Tuan Kadhi H Hasbullah S.Ag MA setelah sebelumnya Ibunda Arie menyerahkan mahar kepada Ibunda Dira.

Ijab Kabul berjalan lancar. Edy Rahmayadi langsung menikahkan putri keduanya kepada Arie. Baik Gubsu maupun Arie tampak lancar saat ijab kabul sehingga dalam sekali saja para saksi dan hadirin serentak menyatakan, “Sah…”

Saat menikahkan langsung putrinya sebelumnya secara perlahan dari sound system Gubsu kedengaran mengucapkan Bismillahhirrahmannirrahim, kemudian mengucapkan Syahadat, istighfar dan berzikir, baru kemudian mengucapkan Ijab Kabul menikahkan putrinya.

“Doakan ya, pernikahan ini mendapat berkah”, ujar Edy Ramhayadi usai prosesi ijab kabul putrinya.

Kemudian dilakukan acara tepung tawar oleh Wagubsu H. Musa Rajekshah dan istri, Sekdaprovsu R. Sabrina, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.
Nasehat pernikahan disampaikan ustaz T. Zulkarnain.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan Siregar mengatakan Gubernur mohon maaf pernikahan putrinya hanya sederhana dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pernikahan di masa pandemi Covid-19 saat ini Bapak Gubernur Edy Rahmayadi berkomitmen akan menggelar pernikahan secara sederhana dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujar Irman.

Karena terbatasnya tamu undangan tersebut, lanjut Irman, Gubernur Edy Rahmayadi bersama istri Nawal Edy Rahmayadi menyampaikan permohonan maaf kepada kepada para sahabat, para tokoh dan masyarakat karena situasi pandemi sehingga tidak dapat mengundang untuk langsung hadir di acara tersebut. (rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *