34.840 Vaksin Ditambah Untuk Sumut, Jadi 74.840 Vaksin

  • Bagikan

membaranews.com-(Medan)

Sebanyak 34.840 vial vaksin Covid-19 untuk tambahan Sumut dari Pemerintah Pusat diterima Sekdaprov R Sarbina. Jumlah tersebut melengkapi 40.000 vaksin yang diterima Gubernur Efy Rahmayadi , Selasa (5/1/2021) sehingga total vaksin diterima Sumut 74.840 vial vaksin untuk vaksinasi Termin I.

Vaksin dibawa menggunakan pesawat dari Jakarta , tiba di Bandar  Kualanamu, Deliserdang. Dengan pengawalan ketat dari polisi, vaksin dibawa ke Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan  diterima secara resmi oleh R Sabrina didampingi Kepala Dinas Kesehatan Alwi Mujahit, Jumat (15/1/2021). Selanjutnya vaksin disimpan di Gudang Dinas Kesehatan Jl. HM Yamin Medan.

Vaksin tersebut untuk tenaga kesehatan (nakes)  di Sumut yang berjumlah sekitar 72 ribu orang. Vaksin  segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota, kata Sabrina.

Untuk aat ini, jatah vaksin Sumut sudah tercukupi (Termin I). Awal Februari target semua vaksin sudah tersalurkan.

Selain menyiapkan cold storage, sudah dilatih tenaga  vaksinator  1.500 orang. Jumlah itu terus bertambah. Pemprov telah berkoordinasi dengan kabupaten/kota mengenai kesiapan vaksinasi,ujar Alwi.

Kita tidak hanya memberi vaksin, tenaga medis harus siap bila terjadi kejadian ikutan dan reaksi simpang (KIPI). Ada beberapa reaksi mungkin  terjadi antara lain, nyeri, demam. Namun hal. itu masih wajar tak perlu khawatir.(rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *