Pj. Bupati Nizhamul Hadiri Rakornas Otorita Ibu Kota Nusantara

  • Bagikan
Pj. Bupati Batubara Nizhamul hadiri Rakornas OIKN. (DocKominfoBB)

Jakarta | membaranews.com

Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M., didampingi Asisten II dan Kadis PUTR, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski, West Mall Lantai 11, Grand Indonesia, Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta, Kamis, (14/03/2024)

Rakornas ini bertujuan untuk memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tonggak peradaban baru bagi Indonesia serta membahas potensi kerja sama antara OIKN dengan pemerintah daerah. Acara ini dihadiri oleh seluruh kepala daerah tingkat provinsi.

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, melaporkan bahwa progres pembangunan IKN batch 1 telah mencapai 77%.

Batch 1 ini mencakup 40 paket pekerjaan senilai hampir Rp 25 triliun, yang diharapkan akan siap digunakan dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024.

Pembangunan IKN dibagi menjadi dua batch, dimana Batch 2 merupakan paket fisik kontrak yang dimulai setelah Maret 2023 hingga akhir 2024, dengan progres saat ini mencapai 25%. Batch 2 terdiri dari 49 paket dengan nilai total Rp 43 triliun.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, menyampaikan bahwa pada tahun ini, pihaknya akan mengemban fungsi penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus (pemdasus).

Dia juga mengajukan permohonan dukungan dari kementerian lembaga serta pemerintah daerah untuk terus bekerja sama dengan OIKN.

Bambang menekankan bahwa IKN diharapkan mampu memberikan dampak positif yang luas, termasuk dalam mendorong pertumbuhan ekonomi merata di seluruh Indonesia, bahkan di luar Pulau Jawa.

Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan yang berfokus pada Indonesia-sentris merupakan langkah strategis menuju visi Indonesia Emas 2045. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *