Wali Kota Laporkan Masalah Banjir di Tebing Tinggi Saat Kunker Komisi V DPR RI di Sumut

  • Bagikan
Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan permasalahan banjir kepada Komisi V DPR RI. (Foto : Istimewa)

membaranews.com (Tebing Tinggi)

 

Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan kepada Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan kondisi Kota Tebingtinggi yang selalu mendapat kiriman banjir.Wali Kota meminta Komisi V DPR RI membantu percepatan penanganan banjir.

Hal tersebut diungkapakan Wali Kota Tebing Tinggi saat menghadiri reses Komisi V DPR RI di Sumut masa persidangan III TS 2021-2022, Senin (21/2/22) di Hotel Cambridge Jalan S. Parman, Medan,Senin (21/2/2022).

Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian dalam siaran pers nya, Selasa (22/2/22) mengatakan,Wali Kota Umar Hasibuan mengungkapkan , Kota Tebingtinggi mempunyai 5 sungai, yakni sungai Padang, Sungai Sibarao, Sungai Kelembah, Sungai Bahilang dan Sungai Sigiling. Kelima sungai tersebut perlu ada perbaikan agar kedepan Kota Tebing Tinggi tidak lagi mengalami banjir.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan permasalahan perbaikan jalan di Sumut. Edy Rahmayadi mengatakan sangat sulit memperbaiki jalan di Sumut dikarenakan panjang jalan di Sumut yang berstatus jalan provinsi mencapai kurang lebih 3.000 Km, dan merupakan jalan provinsi terpanjang di Indonesia.

Anggaran perbaikan atau pembangunan jalan di Sumut setahun hanya Rp. 300 Miliar hingga Rp. 400 Miliar. Dengan anggaran tersebut, jalan yang bisa diperbaiki hanya sekitar 60-80 KM setahun. “Sangat sulit untuk kita mencapai jalan yang layak di Sumut ini,” ujar Edy.

Edy juga telah meminta bantuan Komisi VIII DPR RI untuk Dana Bagi Hasil (DBH) yang adil. Dengan DBH tersebut, diharapkan infrastruktur di Sumut dapat diperbaiki atau dibangun.

Selain itu, Edy juga meminta perhatian mengenai bendungan yang ada di Sumut. Dikatakan, Sumut tidak banyak memiliki bendungan, padahal bendungan memiliki manfaat yang besar. Mulai dari pengairan untuk pertanian, penyediaan air bersih, pembangkit listrik, pengendali banjir hingga tempat wisata.

Edy jl membandingkan jumlah bendungan yang lebih banyak di daerah lain ketimbang di Sumut. Padahal Sumut memiliki 33 Kabupaten/Kota.

“Kalau kami bandingkan, Jatim, saat ini punya 10 bendungan, Jawa Barat 11 bendungan, Jawa Tengah i14 bendungan. Sumut ada satu bendungan Lau Simeme, sampai sekarang belum jadi,” katanya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan mengatakan, tujuan kunjungan kerja reses untuk menampung permasalahan yang terjadi di Sumut.

“Kunker salah satunya mendengarkan permasalahan yang dihadapi Provinsi Sumut, terkait pembangunan infrasrtuktur dan transportasi,” kata Iwan. (HL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *