Rektor dan Dekan USU Dukung Pelaksanaan Lima Program Prioritas Pemko Medan

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengharapkan masukan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk mendukung pelaksanaan lima program prioritas Pemko Medan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota saat menerima audiensi Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si dan para Dekan serta Wakil Dekan yang baru dilantik, di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan,Rabu (19/5/2021).

Dalam pertemuan, Wali Kota memaparkan lima program prioritas sedang dijalankan Pemko Medan.

Penanganan pandemi Covid-19 salah satu program prioritas. Berbagai langkah dilakukan Pemko diantaranya vaksinasi. Pemko Medan memastikan sasaran program ini sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

“Tiga bulan belakangan kita gencarkan program vaksinasi, dengan prioritas lansia memiliki risiko tinggi bila terpapar,” ujar Bobby.

Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit di Medan juga tinggi mencapai 75 persen. Bahkan di beberapa rumah sakit mencapai 100 persen. Angka 75 persen itu sama jumlahnya hampir 1.300 tempat tidur. Dari jumlah itu, yang diisi warga Medan hanya 400, sisanya warga luar Medan termasuk dari provinsi lain.

Dalam mencegah penyebaran Covid-19, Pemko Medan berencana melakukan isolasi pada tingkat lingkungan. Jika di satu lingkungan ada warga pada tujuh rumah terpapar Covid-19, maka lingkungan itu diisolasi

Program kebersihan saat ini, pihak kecamatan bertanggung jawab soal kebersihan di Medan. Pemko Medan, Pemkab Deliserdang, USU telah membentuk tim untuk melakukan pengkajian manajemen pengelolaan sampah.

Program prioritas lainnya adalah infrastruktur, dengan target seluruh jalan rusak dibawah kewenangan Pemko Medan akan diperbaiki dalam waktu dua tahun.

“Kita tidak ingin hanya mencapai target waktu, kualitas jalan harus jadi perhatian. Jangan baru beberapa bulan diperbaiki sudah rusak lagi. Ini membutuhkan masukan dari kalangan akademisi juga,” ucap Bobby.

Dua program prioritas lainnya penanganan banjir dan penataan kawasan heritage Kesawan. “Diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberhasilan program ini, termasuk pihak Universitas,sebut Bobby.

Rektor USU Muryanto Amin mengatakan, USU berlokasi di Kota Medan mempunyai tanggung jawab membantu Pemko Medan. Ini juga untuk menghindari universitas menjadi menara gading di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu perlu dilakukan sinkronisasi kegiatan penelitan dan pengabdian masyarakat Universitas dengan program-program prioritas Pemko Medan.

Hasil dari kegiatan ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerah untuk membuat pola maupun regulasi,ujar Muryanto (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *